Posted by: batjoe | 4 September 2009

COBAAN ITU PERLU

eveningsky04_26jan07-300x205

Tidak terasa Puasa sudah masuk pertengahan dan semakin beranjak mendekati HARI YANG FITRI dan tidak terasa segala kegiatan amal ibadah juga sudah dijalani hal ini dilakukan semata-mata karena Ridho Allah SWT walaupun hati manusia terkadang masih saja ada sifat ri’yanya termasuk diri sendiri.Sekecil apapun yang kita sembunyikan hanya Allah dan diri kita sendirilah yang tahu itu (kalau tahu diri hehehehee) . Dan Alhamdullilah Puji dan Syukur kita Panjatkan kepada Allah SWT  yang masih saja tidak bosan-bosannya memberikan kita KASIH dan SAYANG nya.sehigga segala bentuk cobaan yang DIA  sampaikan kepada kita InsyaAllah tidak akan melebihi kemampuan dari Umatnya yang Dia kasihi. Amin Ya Robal Alamin. dan cobaan itu adalah sebuah ni’mat dan sangat  perlu agar kita mawas diri dan ini tertuang dalam ayat-ayat Allah di surat AL-ANKABUT (Laba-Laba) dimana disebutkan pada ayat 1 – 3 yaitu :

1. Alif laam miim

2. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?

3. Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesunguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesunguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta

Rabu (3 Sept 2009) dini hari tidak terasa  hujan datang  membasahi tanah Balikpapan yang sudah hampir 2 bulan ini dilanda gersang yang perkepanjangan bahkan di daerah-daerah tertentu rawan akan  air juga melanda tapi Alhamdullilah kantor atau perusahaan asing masih saja memberikan bantuan walaupun tidak banyak tapi cukup membantu untuk daerah dimana aliran air dari PDAM tidak dapat menjangkaunya (daerah dataran tinggi) dan sekali lagi karena hujan (Anugerahnya) semaleman mungkin dapat membantu melupakan kepenatan  sejenak untuk mereka yang selalu berkutan dengan permasalahan air.

Rasa Dingin terasa menusuk sebagian tubuh yang berbaring dilantai tanpa alas  dan mata mulai terjaga dalam kesunyian malam yang dingin yang mulai terasa keseluruh ruangan, mulai terdengar keras tetesan air hujan diatap rumah yang beratap seng dan gemuruh angin yang bertiup kencang dan suara jangkrik yang biasanya terdengar dikamar hilang digantikan suara seng yang dihatam gelombang hujan yang semakin deras dan dalam kesendirian dan kesunyian malam jadi teringat akan peristiwa gempa  yang menimpa wilayah Jakarta dan Jawa Barat tadi siang berkekuatan 7,3  SR  dan menyebabkan porak porandanya bagunan  serta  berhamburannya orang-orang yang keluar dari malapetaka ini bahkan seorang “Mentri Orde SBY” berjenis kelamin Wanita menghentikan rapat rutinnya tiba-tiba karena terkena dampak gempa  dengan nada ketakutan menyebutkan bahwa gedung yang dipakai rapat ini tidak tahan gempa. Dapat kami lihat di televisi Ada rasa ketakutan dari wajah orang-orang  yang berhamburan keluar dari rumah dan gedung-gedung baik perkantoran mapaun pertokoan bahkan ada laki-laki sampai menagis karena kaget menerima gempa yang secara tiba-tiba timbul dan akhirnya terbukti kokohnya  bangunan (rumah)  terutama dari kaum yang miskin berguguran bahkan korbanpun mulai berjatuhan. Hati bergumam “Ya Allah apakah yang salah di negeri yang katanya GEMAH RIPAH ini ??? Adakah yang ceroboh ??? Adakah yang salah atau inikah cobaanmu di Bulan Rahmadan yang penuh berkah bagi kami bangsa Indonesia ??? Air mata berlinang, manusia dari yang tua, dewasa hingga anak-anak yang cukup umur (mengerti) meratapi kejadian ini dan anak-anak yang belum tahu apa-apa masih bisa bercanda dan bermain dengan kawan seangkatannya seperti tidak perduli dengan orang tuanya yang lagi merenungi bagaimana nasib mereka menjelang  HARI FITRI  nantinya…… dan kita hanya bisa berucap “kasihan” atas kejadian yang menimpa saudara-saudara kita ini.

Darah tertumpah, kesedihan melanda, rasa iba (empaty) yang tiba-tiba muncul, gumaman tak percaya timbul, inisiatif gotong royong kembali hadir  bahkan bantuan datang silih berganti tanpa diminta dan diperintah dan aku yang jauh disini yang masih berdiam di kamar  yang sunyi dalam gelapnya suasana serta gemuruh hujan yang masih terus menderu dan  dalam lamunan diam dimalam yang pasti tidak berbintang hanya bisa membantu saudara-saudaraku dengan  DOA saja,  semoga cobaan Tuhan yang diberikan pada umatnya yang lemah dan agar semua kejadian (bencana) ini dapat menjadikan pelajaran bagi kita dan diri sendiri  terutamanya bahwa Tuhan Masih Sangat Sayang kepada kita dan teman-teman blogger lainnya yang tidak terkena musibah karena malam  ini kami hanya diberikan hujan deras , angin yang bertiup kencang, serta gemuruh kilat yang menyalak berkali-kali tapi tidak merusak kehidupan duniawiku disni bahkan amat sangat membantu saudara-saudaraku yang daerahnya selama ini kesulitan dengan masalah air. Melamun, Merenung dan  Dalam diamnya diri kuteringat dengan ayat-ayat Al-Quran yang menyatakan NIKMAT ALLAH KEPADA MANUSIA di Surat AL HAJJ (Haji), ayat 63-66 yang tertulis :

63. Apakah kamu tiada melihat, bahwasanya Allah menurunkan air dari langit , lalu jadilah bumi ini hijau? Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.

64. Kepunyaan Allah-lah segala yang ada dilangit dan segala yang ada di bumi. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

65. Apakah kamu tiada melihat bahwasanya Allah menundukan bagimu apa yang ada dibumi dan bahtera yang belayar di lautan dengan perintah-NYA. Dan Dia menahan (benda-benda) langit jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-NYA? sebenarnya Allah benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada Manusia.

66. Dan Dialah Allah yang telah menghidupkan kamu, kemudian mematikan kamu, kemudian menghidupkan kamu (lagi), sesunguhnya manusia itu, benar-benar sangat mengingkari ni’mat.

Semoga Bulan Rahmadan ini menjadikan kita orang-orang yang  saling mengasihi dalam bentuk CINTA SEJATI sehingga tidak terjadi saling menyudutkan karena lihatlah kebawah masih banyak saudara-saudara kita yang masih menangis dalam kesusahan. Dan jadikan dunia maya kita ini tempat berbagi dalam menimba ILMU – ILMU KEBAIKAN

Hormat dan Salamku buat kalian yang masih  memberikan saya banyak cinta, cerita serta kritikan dan semuanya adalah diri ini yang masih lemah dan karena ALLAH  semata. Amin Ya Robal Alamin

About these ads

Responses

  1. pertamaaaaaaaaaaxxxxxxxxxzzzzzzz

    • kali ini botol kunign yang menang hahahaaaaa
      sudah sahur kang ? disini sudah jam 4 nih…

      • ikut pertamaxxx donk.. :mrgreen:

      • pertamaaaaaaaaaaaaaxxxxxxxxxxzzzzzzzzzzz

      • haahahaah salam pertamaxxx juga mas hariez akhirnya dateng juga setelah lam saya tunggu

    • Kunjungan pertaaaaammmaaaaxxxxz

      Salam kenal

      • lam kenal juga mas dangstars salam hangat juga persahabatan

  2. yayayaya.. DEMI MASA .. sesungguhnya manusia di dalam kerugian.. yayaya.. dalam kerugian jika manusia tiada mengerti akan.. Tiada BERGERak sebiji zarahpun tanpa IZIN ALLAH..
    TANPA KEHENDAK DAN KEKUASAAN ALLAH..
    maka manusia sungguh merugi jika masih mengaku ngaku dan merasa rasa MAMPU dan TELAH MELAKUKAN SESUATU.. MEMPUNYAI DAN MEMILIKI SESUATU.. MERASA BISA.. MERASA MAMPU.. MERASA BERILMU DAN PANDAI.. YAYAYAYA.. MERASA RASA.. MENGAKU NGAKU..

    KARENA SADARI DIRI SEBENAR DIRI SEJATINYA :
    LAHWALLA WALLA QUWATA.. LEMAH TIADA BERDAYA UPAYA.. PAHAMI DAN TERAPKAN DENGAN BAIK INI.. KARENA INI ADALAH KUNCI PEMBUKA PINTU KETUHANAN.. TIKET SEBENAR TIKET YANG AKAN MEMBAWAMU MASUK DALAM PERTUNJUKAN AKBAR.. PENYAKSIAN DAN PEMUJAAN CINTA..

    SALAM SAYANG DAN RINDU UNTUKMU SAUDARAKU

    • yang ini baru botol ijo..
      ya kang selalu saya inat kata2 terkahirnya..
      kangen juga kang pingin ngobrol2 lagi seperti kemarin dan paling enak sebenarnya sama teman2 yang lain yang masih belajar..
      wuieee. pasti seru banget deh cerita 2 mereka.
      salam kangen juga kang

    • Duduk menyimak embahe botol hejo lagi memberi wejangan…
      Saya akan pahami dan terapkan dengan baik mbah.
      Kita harus merasa lemah tidak berdaya, karena itu adalah kunci pembuka pintu Ketuhanan. Mau dunk mbah dapet tiketnya. (Lho, kunci apa tiket?… yo wis podo baelah jarene simbah). Saya ingin nonton pertunjukan akbar, penyaksian dan pemujaan cinta.

      Biar lebih mantep, kepalanya perlu disembur ngga mbah?
      *tutup seluruh pancaindera, menunggu disembur simbah*

      • wakakakakakakkakkaak
        mulai deh botol ijo dan kuning pusing mau diapain tuh mas labangnya..
        kasih tiket?
        kasih kunci?
        atau kasih sembuaran?
        ndak taunya botol ijo lagi ngorok mas hahahahhhahhaa

      • waaaaaaaaaakaaaakakaakaakak nak LAMBANG sini saya sembuuuuuurrrr aja yaaaaaaaaaa… waaaah kabuuuuurrrrrr.. bentar mas batjoe saya kejar dulu

    • Dikunjungan pertama sekalian baca2 dan lihat2 dahulu..

  3. yup, om batjoe… cobaan itu memang sangat diperlukan untuk ketegaran kita… klo gak diuji kita mungkin akan jadi pribadi yg lemah. ya tak… :)

  4. lha yang tahu lemah atau tidaknya kan pribadi kia masing2 mba…..
    artikel ini cuma untuk sharing doang heheheheee
    terima kasih ya dah dateng berkunjung

  5. Selamat malam mas Batjoe.

    Saya sudah masukkan blog ini ke blogroll saya.

    • makasih mas lambang atas ijinnya mas….

  6. selamat pagi, pagi ini rupanya cerah,
    hari yang cerah bisa juga sebuah cobaan ya

  7. pagi juga pak moga2 baik2 saja pagi ini…..
    cerah juga balikpapan tapi hawanya panas….

  8. bener mas, nggak terasa perjalanan menuju hari nan fitri dah sampai pada pertengahan. alhamdulillah kita telah melewati banyak godaan dan banyak pembelajaran atas setiap cobaan yang di jalani selama perjalanan ramdhan ini :)

    semakin cinta allah kepada hambanya, maka semakin banyak pula cobaan yang diberi, karena allah mengetahui kempampuan hambanya, semakin beriman semakin tabah, semaki di beri cobaan maka semakin kuat. karena hanya orang2 shaleh lah yang mampu melewati cobaan dengan baik dan bijak. karena apa-apa yang dijalani atas dasar rasa cinta atas pengharapan ridho dari sang khalik…

    “di sini pun hujan dah mulai membasahi hari2, angin, dingin mencekam tiba tiba menemani hari hari yang biasanya begitu panas dan gerah. cuaca dah memberikan petunjuk bahwa dunia ini semakin tua, nggak bisa di asumsikan, nggak bisa dibaca dengan nalar manusia, nggak bisa dipastikan lagi dengan perkiraan cuaca, alam sudah nggak bisa ditebak lagi, dan itulah kuasa allah, dan itulah caranya mengingatkan mahluk bumi dan seisinya…

    Gempa…tak bisa kita salahkan alam ini, semua kembali pada manusianya, mari kita sama sama menginstropeksi diri masing-masing. tak ada bencana tanpa ada sesuautu. tak ada bencana tanpa ada perbuatan, tak ada sebab tanpa akibat. sedih dalam duka, hanya itu yang bisa terlihat, tapi siapa yang mau di salahkan??? siapa yang mau di adili dan di hakimi??? semua sudah ketentuanNYA, tak ada yang mampu menolaknya, kecuali amal perbuatan yang membawa pada kedamain rohani dan jasmani

    Bulan ramadhan ini, adalah kesempatan, adalah saatnya, untuk ktia berbenah diri. jangan ada kata perpecahan, jangan ada kata saling menyalhkan, mari kita bersatu dalam perbedaan, niscaya perbedaan itu akan membawa pada kebersamaan yang sempurna. semoga kita selalu di beri kekuatan, agar supaya mampu menjalani ibadah-ibadah selama bulan ramadhan ini dengan maksimal…have a nice weekend mas :)

    • mantap banget tambahannya..
      semoga bermanaffat bagi diri ini dan teman2..
      salam sayang buat sobatku yang lagi weed end an ma temen2nya
      salam ya mas sama seluruh penghuni hutan wkakakakakakkakaka..

      • akan di salamin mas he he he
        selamat berlibur :)

      • *barusan, rumah orang sinting di update mas* he he he

      • weeeekekekekek mas zoel dah sembuh horeeeeeeeeeeeeeeee

      • ha ha ha, gak akan pernah smebuh kangboed

  9. amin ya rabbal ‘alamin…

    *

    bener2 gak kerasa… sudah pertengahan ramadhan…

    terima kasih renuangannya.. ^^

    • benr ndak terasa karena emang pusa jangan dirasakn tapi dinikmati aja…
      dan ndak terasa juga jalan2 raya dah mulai rapat merayap karena banyaknya lahan2 kosong yang dijadkan tempat obralan..
      terima kasih juga atas kunjunganyya

  10. Assalamu’alaikum,
    Cobaan atau ujian adalah rekayasa Ilahiyah untuk menyeleksi hamba-hamba-Nya. Cobaan diberikan oleh Allah dengan maksud untuk meningkatkan kualitas iman kita, untuk mempercantik iman kita. Apabila kita sedang menghadapi ujian hidup yang berupa kesulitan, jangan kecil hati, karena dengan ujian itu Allah SWT sedang membentuk kita. Proses pembentukan itu memang kadang terasa sulit dan menyakitkan, tetapi setelah semua proses itu selesai, kita akan melihat betapa cantiknya Allah SWT membentuk iman kita, karena itu kita harus selalu baik sangka terhadap Allah SWT. Yakinlah, bahwa pasti ada hikmah yang tersembunyi dibalik segala ujian kesulitan yang kita alami, yang kadang memang butuh waktu bagi kita untuk memahaminya..
    (Dewi Yana)

    • wah… ngal nyangka ya mba dewi yana pinter banget memahami arti hidup…
      belajar dima mba?
      saya suka tuh kata2 mempercantik imannya…
      yayayaya semunya kembali kediri aja mba siap atau tidaknya menerima cobaan.
      salam buat mas lho mba heeheheheee

  11. Cobaan adalah ujian…..semakin tinggi iman seseorang semakin tinggi pula cobanya…..
    katanya ujian terbesar ada pada anbiya, trus shahabat nya teruuuusss sampai tingkatan2 di bawahnya.

    • makasih tambahanya mas, sedikit tapi kena deh hehehehehee
      salam hangat but ma buwel

  12. Semoga di bulan ramadhan ini membawa kita menjadi tahan uji ya…

    • semoga mas …
      selamat sahur dan terima kasih sudah mampir2 hehehehee
      salam persahabatan

  13. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    • i love u fulllllllll lagi kang eh botol kuning…………..
      sahur….sahur

      • dah buka puasa masih sahur aja yaaa

  14. Apdeeeeeeeettttttttttttttttt

    makasih tambahannya teman2, menambah pemahaman
    …mewakili yang punya blog…

    hatur tengkiu mas @batjoe udah sering berkunjung ke blog saya
    semoga kita semua tetap bersatu dalam kefitrian…
    …eh diajeng @fitri ga ada disini ya…(ga nyambung…*maksa*)

    • asss…
      sudah sahur mas qarrobin?
      bener mas saya justru tambah wawasan karena komentnya teman2 juga dan yang paling saya ingat adalah komentnya mas haniffa yaitu “MELURUSKAN BESI YANG BENGKOK”
      dan untuk mba fitri wah saya ndak tahu mas kemana dan bukanya saya ndak mau ngundang, entar saya bingung sendiri mas mau jawab apa bila dia kasih koment hahahahaaaa.
      mba fitri saya sering lhat dan masuk blonya cuma belum pernah ningalin koment.
      (ngak nyambung *maksa*)
      disanbung2in aja mas biar ngepas hahahahaha
      *maksa* ? ndak laha mas saya ndak pernah maksa kok justru kalau dipaksa2 malah ndak enak dong jadinya hehehhee
      maksih juga mas udah sering main kemari.

      • @mas batjoe, pertanyaannya udah saya jawab, sebatas keawaman saya, mungkin kanktono dan kangboed yang ahlinya bisa menjawab pertanyaan mas batjoe

      • makasih mas sudah saya baca tadi…
        maksih banyak semoga mas qarrobin dan sekeluarga masih dalam rahmat Allah SWT. Amin

      • Maaffin saya ya, saya sibuk banget jadi enggak bisa sering keliling dan jalan-jalan ke rumah teman-teman.

    • @mas batjoe,
      ada jawaban tuh dari @filar biru untuk mas di blog saya,
      mungkin mas juga bisa tanya sama @refa atau @haniifa

      hatur tengkiu

  15. Assalamu’alaikum…

    Salam kenal…
    Semoga kita mampu menjadi manusia yang sabar ketika mendapat cobaa, dan bersyukur ketika ketika di beri. Insya ALlah…

    • salam kenal juga mba anaz…
      ndak nyangka dapaet kunjunga dari mba anaz…
      artikelnya bagus, sesunan kata2nya bagus, kailmat yang dirangkai lebih bagus lagi jadinya saya cuma duduk2 sejenak dan ngikut mbaca doang masih “ngeper” untuk komentnya mba.
      makasih sekali lagi ya mba….
      udah sahur mba?

  16. wah muannntep surantep top merkotooop josss gandooos oke meroke….jian apik tenan mas…..setiap cobaan pasti ada hikmahnya, sabar ketika mendapat ujian dan bersyukur ketika diberi nikmat, lama2 akan sabar dan syukur dalam segala situasi dan kondisi, saya kira setiap cobaan adalah kesempatan emas bagi kita utk lebih mendekat kepadaNya, bahkan Imam Ghazali berdoa agar dirinya diberi musibah yg bisa mendekatkan dirinya kepadaNya….tapi ini imam besar lho ya…kalo kita??? slamet dari musibah aja udah untung…apalagi mo doa yg begitu….kalo belum kuat mending minta yg enak2 aja ama Allah yaaa hihihihi…termasuk saya tentunya…wakakakakak…btw artikel yg sangat mencerahkan mas….semoga kita bisa selalu asah asih asuh….

    nuwun

    • nah lho tambah lengkap deh artikel saya…
      mas ton yang terkasih, sampeyan emang top markotp dalam setiap ngasih koment dan lengkap pula.
      makasih mas ton atas kunjungan dan komentnya…
      masih seger mas?

  17. cobaan itu perlu?

    mungkin ada benarnya, banyak orang menganggap bahwa cobaan atau ujian itu terlalu berat baginya, sehingga dia merasa tuhan tidak menyanyangi dirinya. atau malah sebailknya?

    ulasan yang menarik

    • mas saya sering banget mampir dan baca2 di blognya….
      bahkan sampai ke luar2 segala ke orang2 yang mungkin tidak sepaham…
      sebenarnya ada banyak hal yang dapat saya pelajari dalam blognya mas tetang bagimana menanamkan keyakinan agar tidak tergelincir ke dalam hal2 yang menyesatkan.
      maksih telah banyak membatu saya.

      • Kepada Allah, segala nya di kembalikan

        semoga kita selalu dalam lindunganNya.

  18. Benar mas, cobaan itu perlu bahkan sangat perlu. Jika tidak kita cenderung terlena dan berubah menjadi manusia yang angkuh, karena selalu merasa tidak ada salah pada dirinya. Dengan sebuah cobaan, seharusnya bisa dijadikan alat koreksi diri.

    • cobaan yang paling berat kalau hutan ditebangin lalau lupa ditanem balik.
      merusak ekosistem negeri ini mas..
      semangat mas dengan kehutannya.
      salam persahabtan juga..

  19. Tidak ada cobaan yang tidak memberikan hikmah, tinggal kitanya saja apakah bisa memetik hikmah dari cobaan itu.

    • benr mas ..
      ambil hikmanya saja semua cobaan itu..
      mas kasih mas aldy dah berkunjjugn

  20. [...] KASIH SAYANGNYA nan kekal abadi.. juga untuk adik adikku sayang blue , buweelll , bri , wh dan batjoe yang baik hati.. kupersembahkan untuk kalian senua mengingatkan akan CINTA sebenar benar CINTA pada [...]

    • sudah tak ubeg2 wejangannya kang..
      lha… piye tho kok akune jadi adik yang baik emang udah baik wong masih ake setane..
      sembur kang heheheheee
      makasih kang telah banyak membantu secara bathiniah.. semoga Allah membalas semua kebaikan yang kang berikan. amin

  21. seandainya kit amelihat dari sudut yang berbeda…cobaan adalah sebuah anugrah serta tantangan yang akan membuat kita menjadi lebih bermakna…..lebih mengerti..tentang kehidupan yang rumit..ini…nice for sharing…..salam kenal mas

    • tadi selepas sahur saya udah meluncur kerumahnya tapi mungkin masih tidur ya mas….
      apik artikelnya dan apik juga themesnya..
      enak dilihat pingin lama2 disana ngadem.
      salam kenal juga mas wh dan maksih mas

      • he….he….terima kasih mas telah berkenan…menyambangi gubug reot yg tersingkir itu……
        tadi sebenarnya saiia ngintip Bang Joe…..dari belakang xixixixixi

        Klo bang Joe agak canggung pke nama wh bsa nanti bilang wantoro gtu enggak apa

        Salam persahabatan

  22. __aa batjoe bri silatuh rahmi disini..salamkenal daribri__
    __danselamt berpuasa yg ke 16 harini..maturnuhun assalamualaekum__

  23. cobaan bukan hukuman.. hanya satu isyarat agar kita berbenah.. iti kata ebiet kebanggaanku itu..
    hehe…

  24. —- 09-09-09 ::: goes to 1th oi (otodidak.info) coorporation menjadi bagian dari jaring-jaring virtual dunia maya —-

    Tanpa terasa, perjalanan kami sudah mendekati bongkah batu kilometer waktu yang pertama. Hadir lewat
    http://www.otodidak.info/news.php (Portal Desain Grafis Indonesia – 2008)
    http://photoshop.otodidak.info/ (Blog Tutorial Photoshop Indonesia – 2009)
    http://coretan-dinding.otodidak.info/ (Vancolleys Blog – 2009)
    http://kupu-kupu.otodidak.info/ (Ceriaselamanyah Blog – 2009)
    http://dinz.otodidak.info/ (Dinz Photo Blog – 2009)
    http://vaganzha.otodidak.info/ (Eza Portofolio – 2009)
    http://sleret.otodidak.info/ (Sleret Community – 2009)
    http://mutiarakata.otodidak.info/ (Awang Blog -2009)
    kami berusaha untuk terus berbagi dan melayani dengan hati.
    Kami bukan apa-apa tanpa kalian semua. Karenanya, mohon do’a dan dukungan agar kami menjadi lebih baik dalam segalanya untuk terus berkarya !!!

    Salam oi,
    ** tentang segelintir orang indonesia yang terus belajar menjadi berguna dan bangga pada bangsanya**

  25. Diberi cobaan lagi ah…

    • kalau ditindah kang boed ma hancur mas heheheheheheee
      salam hangat mas lambang

  26. __hey joe….dont make it bad take a sad song and make it better__

    __hey joe…selamat berpuasa yg ke 18 bsk,,semangat__

  27. Dicoba sekali lagi, masih kuat apa enda…

  28. @Mas Batjoe
    Subhanallah

  29. Sesungguhnya ujian itu untuk mengetahui iman para hamba-Nya, apakah seperti berlian atau hanya sekedar seperti tembaga. Bagi orang yang beriman semuanya dianggapnya baik. Jika kesusahan datang maka ia bersabar dan itu baik baginya dan jika kegembiraan datang mereka bersyukur dan itu juga baik baginya.

    Ujian Tuhan bukan hanya kesedihan, tetapi kesenangan dan kegembiraanpun adalah ujian-Nya. Anehnya, orang yang diuji dengan kekayaan,kemewahan,jabatan yang enak ada juga yang tidak lulus.

    Mari kita senantiasa sabar dan syukur.
    Salam hangat dari Surabaya

    • orang tua adalah ladang dan sumber untuk beljar dan pakde adalah salah satunya titian itu.
      semoga kita yang muda banyak belajar sama senior yang lebih paham akan akhlak yang mulia. amin
      salam hangat juga dari balikpapan pakde

  30. Menyapa blogger2 nusantara semuanya…..

    • semuanya disapa mas buwel tuh

      • saya ikut menyapa ya…..

      • disapa lagi ma wh.. salam semunya katanya untuk temen2 di blog ini

  31. SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG ‘TUK SAHABATKU TERSAYANG
    I LOVE YOU PHUUUUUUULLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL

    • i love FULLLLLL kang..
      sdh sering teleponan ma pak PJ cuma selalu terbentur oleh waktu berdua hehehheeee. doain aja ya kang moga2 Allah senantiasa menjaga hati saya.
      dan makasih banyak kang selalu mengingatkan

  32. waaaah lagi berbuka puasa yaaaaa.. saya belum nih…

    • siapa yang berbuka puasa wong kerjanya aja masuk malem jadinya ya bukanya dikantor..
      hehehehee bagaimna kabarnya kang

      • baik mas.. tolong temuin mas PJ yaaaaa.. dah nungguin katanya hehehe..

      • baik komandan pasti ada waktunya…
        makasih kang

  33. Hadiiiiirrrr…… ada makanan apa nih…..
    Salam Mas Batjoe, selamat berbuka tahap 2….

    • lha mas lambang kejar seetoran terus sih sampai2 saya sendiri saj binyun mau ngoment apa…..
      bukan tahap 2 lagi tapi udah ngejar ketahap keberapa ma mba alexa hihihihihih
      salam kangen mas lambang dan maaf baru ngebalesin

  34. Kunjungan pertama. salam kenal yach

    • lam kela balik mas.. maaf bau dibalesin..
      lai negelihat duia yg semakin rame akhir2 ini…
      maaf ya mas

  35. Loh, ngelembur ngga pulang tho kemarin…

    • ngelemur sih mas tapi pulang kok ..
      dan terbuktikan peramax terus di tempatnya mas lambang hahahahaaaa

  36. Kami juga mengucapkan Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin, maafin kesalahan kami dalam menulis di dalam blog kami yg mungkin tdk berkenan di hati mas batjoe.
    Sukses selalu ya Mas, semoga kita masih diijinkan bertemu di Romadhon mendatang dengan pengalaman-pengalaman yg lebih seru untuk mendekatkan diri kepada NYA.
    Amin ya robbal alamin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: