Posted by: batjoe | 9 August 2009

SHIRATHAL MUSTAQIM

Shirathal Mustaqim (jalan yang lurus) ialah kebenaran yang Allah telah membangkitkan utusan-NYA Muhammad SAW dengan mengerjakan apa yang diperintahkan dan meninggalkan apa yang dilaranganya serta membenarkan tentang apa-apa yang beliau beritakan (syiarkan) dan tidak ada jalan kepada Allah kecuali dengan itu, dan itulah jalan para wali Allah yang taqwa, jalan kelompok partai Allah yang bahagia dan jalan tentara Allah yang menang. Dan setiap yang berlawanan dengan kebenaran itu adalah jalan para penyeleweng dan orang-orang sesat padahal Allah menyucikan Nabi-Nya dari penyelewengan dan kesetan itu. Allah pernah berfirman :

Demi bintang ketika terbenam, kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak keliru. Dan tidaklah yang diucapkan itu menurut kemauan hawa nafsu. Bahwa itu tidak lain ialah wahyu yang diwahyukan“. (an-Najm: 1 -4 )

Bahkan disetiap sholat kita sering mengucapkan itu tapi itulah manusia yang diberikan akal dan kesempurnaan oleh Allah tapi cacatnya dikesempurnaan itu juga…. masih ingatkan surah apa itu? baiklah saya coba mengingatkan kembali dan semuanya ini bukanlah saya yang berseru tapi Allah lah yang memberi “Shirathal Mustaqim”  bagi jiwa yang kering ini :

Tunjukanlah kami jalan yang lurus, jalan mereka yang telah Engkau beri nikma, bukan jalan mereka yang terkutuk dan bukan jalan mereka yang sesat“. (al-Fatihah: 6 – 7)

Nah kejelasan syair Allah diatas membuka pintu  hati kita terlebih diri yang mulai menemukan kejenuhan akan hakiki dunia yang mulai membentuk “kamuflase” yang sangat menjebak… bahkan bisa meruntuhkan KETAHUIDAN kita pada SATU YANG ESA.

Terjadi dan terjadi hal yang sangat dibenci Nabi kita seperti : membunuh, menipu, menjual harga diri bahkan menjual agama hanya untuk mendapatkan kejayaan dunia yang sudah  pasti tdak akan kekal abadi dan bahkan banyak yang kepalanya bersorban, berkopia, berjangut serta berwibawa sengaja mendorong kaum yang lemah tahuid untuk melakukan hal2 yang jauh dari keridhoan Allah SWT.

Helahan nafasku makin panjang saja dan pikiranku makin menerawang ada apakah dengan sebagian para ulama2 kita, sepertinya makna AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR dibablaskan menjadi sebuah TRAGEDI yang menjadikan orang tua kami yang seorang wanita tua menjadi takut untuk mengaji diluaran. beliau hanya berkata : “kok jadi begini ya dunia?”  padahal beliau hanya tamatan SD!!!

Apakah ajaran sedari kecil oleh seorang guru ngaji yang doyan JUDI tentang makna tarikan huruf arab yang bernama ALIF yang keras menghujam di papan tulis dari putihnya sebuah kapur harus musnah dengan jalan2 Allah, tentara2 Allah yang salah menafsirkan arti sebuah ayat, syair dan perkataan Ulama bahkan petinggi Agama?

Sebagai bahan renungan kita bersama yang sejatinya mencari kebenaran akan arti hidup dan kebenaran kata-kata Allah, ada  penggalan ayat Allah yang di FirmankanNYA  yaitu :

Dan bacakanlah kepada mereka berita orang yang telah Kami berikan kepadanya ayat-ayat Kami, kemudian dia melepaskan diri dari padanya, lalu dia diikuti oleh setan, maka jadilah dia termasuk orang yang sesat. dan kalau Kami menghendaki , Kami tinggikan derajatnya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing, jika kamu halau ia mengulurkan lidahnya dan jika engkau biarkan iapun mengulurkan lidahnya. Demikian itulah kiasan terhadap orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, maka ceritakanlah kepada mereka kisah-kisah itu agar mereka berpikir“. (al-A’raf: 175 – 176).

Suatu firman Allah yang jelas dan nyata bahwa janganlah kita salah mengartikan sebuah perkataan dari seseorang walaupun itu ulama sekalipun karena yang pernah kami dengar bahwa “setiap perkataan yang diucapkan disitulah setan ikut bersemayam, sehingga satu perkataan yang terucap bisa menjadi beratus-ratus kata yang sampai ditelinga kita

Marilah Kita bermohon kepada Allah, semoga Dia berkenan menunjuki kita dan menunjuki para sahabat kita yang lain kepada jalan orang2 yang mendapat nikmat terdiri dari para Nabi, para Shiddiq, Syuhada dan orang2 slaeh, mereka itu adalah sebaik-baiknya teman/sahabat.


Responses

  1. Setuju mas……shirotol mustaqim akan menjadi bener2 lurus dengan guru mursyid yang mumpuni….

    • wah makasih mas mudah2an kita sama2 bisa menembus shirotol mustaqim kita nantinya. amin

  2. Dan sesungguhnya kami jadikan untuk (isi) neraka jahanam kebanyakan dari jin dan manusia. mereka mempunyai hati, tatapi tidak di pergunakan untuk memahami (ayat-ayat allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda tanda kekuasaan allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi, Mereka itulah orang-orang yang lalai (Q.S. Al A’raf 7: 179)…

    Semoga kita selalu di tuntun dijalanNYA…amien!!!

    Selamat malam dan selamat istrhat mas batjo, semoga hati yang tenang, jiwa yang menang, selalu di hidayahkan olehNYA….

    • suatu perkataan yang sangat bagus dari seorang sahabat yang selalu hadir lbih dulu di rumahku. mudah2an kita semuanya menjadi orang2 yang menyayangi hati yang bersih dan jangan tersesat dalam perkataan orang2 yang tidak mengerti. semoga.. selamat pagi sahabat sejatiku ma zul

      • selamat pagi mas batjoe…
        alhamdulillah hari ini masih di beri kekuatan dan kenikmatan olehNYA…

        amieennnn…
        hati yang bersih adalah hati yang ridho lagi di rihoinya….Selamat beraktivitas ^_^

  3. Terimakasih sudah berbagi dan mengingatkan..
    -salam-

    • mudah2an dalam karya maya kita bisa sama2 berbagi dan mengingakan makasih..maksih mas

  4. selamat malam mas bambang
    semoga senantiasa dalam linduganNYA amien

    salam sahabat penuh damai lahir dan bathin ^_^

    • selamat malem juga mas zul semoga dalam lindungan juga salam hangat buat sahabat sejatiku

      • selamat malam lagi mas…
        salam hangat juga sahabat yang luar biasa ^_^

  5. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Jalan yang lurus dihadapan Allah tidak pernah ada kompromi untuk belok. Mengapa ? karena lurus yang sudah digariskan oleh Allah SWT pastilah membawa ketenangan dan kebahagian. Jika demikian adanya mengapa harus ada kompromi. Terima kasih pencerahannya mas, Salam Kenal. Wassalam

    • selamat malam mas aldy makaih untuk bisa berbagi bersama dalam pencarina arti sejatinya jalan yang lurus

  6. Amar ma’ruf nahi mungkar Gan..

    Salam AnakBangsa..
    Salam Perubahan..

    Thx dah mampir ke gubuk AnakBangsa..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/08/09/inilah-dialog-terakhir-antara-densus-88-dengan-noerdin-m-top/

  7. Setiap sholat kita selalu memohon agar diberikan jalan lurus sebagaimana jalan yang diberikan kepada orang terdahulu.
    Tetapi mengapa ,masih banyak muslim yang mengambil jalan sesat. Ini berarti sholat kurang benar, kurang khusuk, kurang tawaduk, kurang ikhlas.
    Itu mungkin mereka hanya mengerjakan gerakan2 sholat dan hanya membaca doa-doa tanpa penghayatan penuh.
    Salam hangat dari Surabaya.

    • makasih pakde sebenarnya di blognya mas PJ tentang sholat bener tuh dicoba deh mbaca disana…
      yang saya tahu orang yang paling berdosa adalah orang yagn mnegerjakan sholat tapi ngak sholat nah lho jadi bingungkan … saya aja bingung.
      salam merdeka pakde wah pasti semarak surabya ya kalau kemerdekaan . salam buat keluarga dan cucu2nya.

  8. jalan yang lurus.😉

    • bukan hanya jalan yang lurus tapi ngelurusin jalannya itu yang harus dicari… sekarang saja lurusnya masih bisa bengkok kiri dan kanan… terutama nafsu.. bukan hanya nafsu uang itu nafsu ingin baik saja masih dianggap riya. percya atau tidak itulah yang terjadi didunia sekarang ini. makasih komentnya pendek tapi pedas banget..heheheee

  9. kunjungan balik mas…., btw gw heran ama si zulhaq, dimana-mana ada koment dia, koment dia ada dimana-mana,tak gendong kemana-mana….:-) *bcanda*
    oia ampe lupa, mudah-2 kita semua dituntun oleh Allah ke dalam jalanNya yg lurus dan haq. Amin.

    • wah kalau orang sinting ma udah jadi langanan cendol disini mas. pokoknya kalau aus atau laper langsung dia mampir sebaliknya juga begitu mas cuma sayanya aja yang kurang ajar ma mas zul lupa nglink blognya..
      maaf yang mas zul entar dilihat lagi ya..
      oie ampe lupa lurus dan haq milik kita juga kok mas dan semoga menemukan keshiratal mustaqiman yang dicari sebenarnya. amin
      dan maaf kemarin ngomentnya pakai mba padahal mas … maaf ya mas dan maksih

      • [Om gwgw]
        ha ha ha…kan manusia jadi2an, jadi bergentayangan dimana mana he2…

        [Mas Bambang]
        ha ha ha…kalo dah kenyang pergi ya mas

        selamat malam,

  10. Sebuah kalimat yang sangat mudah diucapkan tapi belum tentu mudah untuk di jalankan. semoga kita juga diberikan kemudahan untuk menjalankannya.

    • sebenarnya mudah kok mas coba camkan dan resapi kata2 Allah ini :
      “Aku Haramkan apa yang semua aku haramkan dan aku halalkan semua yang aku halalkan” tapi manusia yang membuat sulit kata2 tersebut diatas bisa menjadi begini :
      “Aku Halalkan apa yang aku harmakan dan aku haramkan apa yang aku halalkan”
      makanya sebenarnya mudah tapi manusianya uyang membuat kita tersimpang siur. kuncinya cuma dihati kita sendiri kok. coba diresapi dan dikawani hatinya mas…

  11. Semoga qt tetap d jalan yg lurus. Amiiin

    mampir ya akhi. . . ^_^
    oiya, saya blogroll ya. . .

    • wah makasih mau berbagi lank-link-lunk dengan diriku semoga bermanfaat. tak lank-link-lunk juga ya . makasih selalu mampir

  12. informasi ttg islami , i like it . kita bisa sharing🙂

    • silahkan mas.. yang penting kit semuanya sama2 mengerti dan jangan saling menjatuhkan karena manusia itu tempatnya bodoh dan salah..
      salam kenal selalu dan semoga sharing kita jadi hal yang bermanfaat.

  13. selamat ya mas atas theme barunya

    *di tunggu di salon sinting* he2

  14. terima kasih atas kunjungannya

    • makasih mas dan senyumnya mas buat hati damai…. ayo mas senyum lagi

  15. Assalamu alaikum
    terima kasih terlah berkunjung k blogQ
    salam kenal
    blognya luar biasa, banyak yang bida dipelajari ttg Islam dan yg pasti mendamaikan hati,
    semoga Allah memberikan rahmatNya dan senantiasa menunjukkan jalan lurusnya..amin..
    Wassalamu alaikum

    • assalamualaikum juga dan sama sama mencari sejumpun keimanan dan semoga bermanfaat

  16. manusia diciptakan menurut citra Allah yang adalah kasih.Maka tangannya untuk memberi,hatinya untuk mencintai,mulutnya untuk menghibur,bibirnya untuk menebarkan senyum.

    salam rahayu.

    • bener yang kakung menjaga semua organ tubuh adalah kunci keberhasilan menjadi diri yang fitrah dan senyuman yang tulus ikhlaslah yang terbaik buat sesamanya. slam rahayu juga YK

  17. wooo ini to rumah mas bacu….

    wah tulisannya bagus sekali…saya harus belajar banyak dari njenengan…….no komen aja ya…..

  18. makna tarikan huruf arab yang bernama ALIF yang keras menghujam di papan tulis dari putihnya sebuah kapur harus musnah dengan jalan2 Allah.. Manusia harus menjaga berdiri tegaknya alif.. inilah manunggaling dalam cipta rasa karsa dan karya
    Salam Sayang

  19. ampun kang luar biasa pemecahannya? makasih kang…maksih kang..
    bantu ya kang kalau udah dapet jawabnya diemail saya . makasih kanga

  20. Iqra wa rabbukal aqram

    risetlah al quran, al quran, al quran
    maka shirathal mustaqim akan dibukakan

  21. Jalan yang lurus….. itulah yang perlu kita tapaki dan lalui dengan petunjuk sang Khalik, tanpa petunjuk-nya rasa sulit mengarahkan diri apalagi orang lain untuk menuju ke jalan yang lurus………. Yaa… Allah hidayah-Mulah yang dapat menggerakkan hati ini untuk menuju kehadirat-Mu, karena dunia membuat kami lalai dan lupa jalan seharusnya kami tempuh, bermata namun tak melihat, laa haula wala quwwata illah billah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: