Posted by: batjoe | 26 August 2009

KUPU-KUPU

KEPOMPONG (1)

Seseorang menemukan kepompong seekor kupu-kupu. Dia duduk dan mengamati selama beberapa jam kupu-kupu dalam kepompong itu ketika dia berjuang memaksa dirinya melewati lubang kecil itu. Kemudian sang kupu-kupu berhenti membuat kemajuan. Kelihatannya dia telah berusaha semampunya dan dia tidak bisa lebih jauh lagi.

Akhirnya orang tersebut memutuskan untuk membantunya. Dia ambil sebuah gunting dan memotong sisa kekangan dari kepompong itu. Kupu-kupu tersebut keluar dengan mudahnya. Namun, dia mempunyai tubuh yang gembung dan kecil, serta sayap-sayap yang mengerut. Orang tersebut terus mengamatinya, karena dia berharap bahwa pada suatu saat, sayap itu akan mekar dan melebar sehingga mampu menopang tubuhnya. Sayang, semuanya tak pernah terjadi.

Kenyataannya, kupu-kupu itu menghabiskan sisa hidupnya merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap-sayap mengerut. Dia tidak pernah bisa terbang. Yang tidak dimengerti dari kebaikan dan ketergesaan orang tersebut adalah bahwa kepompong yang menghambat dan perjuangan yang dibutuhkan kupu-kupu untuk melewati lubang kecil tersebut adalah cara Tuhan untuk memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu itu ke dalam sayap-sayapnya. Sedemikian sehingga dia akan siap terbang begitu dia memperoleh kebebasan dari kepompong tersebut.

Kadang, perjuangan adalah yang kita perlukan dalam hidup kita. Jika Tuhan membiarkan kita hidup tanpa hambatan, itu mungkin malah melumpuhkan kita. Kita mungkin tidak sekuat yang semestinya kita mampu. Kita mungkin tidak pernah dapat terbang.

Saya memohon kekuatan, dan Tuhan memberi saya kesulitan-kesulitan untuk membuat saya kuat.

Saya memohon kebijakan, dan Tuhan memberi saya persoalan untuk diselesaikan.

Saya memohon kemakmuran, dan Tuhan memberi saya otak dan tenaga untuk bekerja.

Saya memohon keteguhan hati, dan Tuhan memberi saya bahaya untuk diatasi.

Saya memohon cinta, dan Tuhan memberi saya orang-orang bermasalah untuk ditolong.

Saya memohon kemurahan/kebaikan hati, dan Tuhan memberi saya kesempatan-kesempatan.

Saya tidak memperoleh yang saya inginkan, tapi saya mendapatkan segala yang saya butuhkan.

Note :

Terima kasih buat teman-teman yang telah memberikan saya begitu banyak kritik dan saran bahkan hujatan dari semunya inilah membuat saya dapat lebih berpikir lagi dalam membuat keputusan dalam perbuatan. Semoga kita  bisa menjadi orang-orang yang saling mencintai dan mengasihi untuk sesama baik dalam  perbedaan dan perjuangan mencari makna hidup


Responses

  1. wah menarik sekali mas …..kupu2 itu ahli bertapa…dan saya kira proses dari ulat yg jelek menjadi kupu2 yg indah itu bisa menyiratkan perjalanan spiritual manusia …..

    • ups…salah ngasih link…..

      • opo ne yang salah mas…..
        biar bagaimanapun wayang dalam cerita islami mas tono lebih TOP ketimbang artikel2 saya…
        makasih mas dan semoga berkenan saya taruh link nya di blog saya…
        nun sewu mas selamat malam mas

      • hehehehehehehe.. manstaaaaabbbsss surantaaaaabbbsss

    • ass…
      akhirnya datang juga akangku..
      kemana aja kang ndak muncul2..
      kang kemarin kenpa kok diem aja… dan mudah2an hati saya bener ya….
      kok hehehehehehe dan mantabbbss serta surantaaabsss aja sih..
      makin CINTA aja akau kang hehehehhhheee

  2. Bagus ceritanya, mas. Mhn ijin saling tukar link blognya, bnyk crita2 mas adri yg menceritakan ayat2 TUHAN dan menarik untuk bukti menceritakan KEMAHAAGUNGANNYA semata-mata.
    Oh ya, kl cerita di atas itu adalah “ilmu proses” dimana setiap ciptaaNYA pasti mempunyai karakter prosesnya masing-masing, yg menunjukkan MAHA LUAS dan MAHA TAK TERHINGGA ILMUNYA.
    Sukses ya Mas

    • walah deleh mas malah lebih pandai dari saya yang baru beljar memaknai arti hidup dan silahkan kita NGLINK an mas bagi saya tamabh teman tambah wawasan..
      dan salam kenal yang terhangat dari saya…
      makasih mas udah mau cape2 dateng hehehehheee
      selamat malam mas

  3. Jika tak ada kesempatan,ciptakan kesempatan tersebut.Keselamatan yang dari Allah memang sudah datang tetapi kepenuhan dan kesempurnaanya masih senantiasa kita tunggu dan harapkan.Itu terjadi ketika kita bersatu dng Allah dalam kerajaan-Nya.

    salam damai & kasih selalu.

    • salam damai dan rahayu selalu buat yang kakung yang tidak pernah jemuh memberikan sedikit pencerahan di brumah saya yang masih baru ini
      dan semoga yang kakung dalam lindunganNya dan diberikan kesehatan yang rahayu juga…….
      amin
      selamat malam yang

  4. .. Raih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang ..
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    • masih terus menyusun titik-titiknya kang agar tidak lepas2 lagi dan frekwensinya juga masih terus di cuns agar ngapas heheheheheee
      tapi kok yang dateng si botol ijo ya hahahahahhaa
      fitra diri terus bertanya lagi dan terus cintalah kedapatannya..
      menagis terus agar sang kekasih tidak lagi mau pergi dari hati…
      makasih kang pembelajaranya..
      ai lupe yu ful juga kang……

      • hahahaha.. hati hati nanti botol ijo ada di mana mana waaaakaakakakak.. bagus ingaaaat gunakan rasa perasaan sebagai pintu masuk RASA yang berdiri dikediamanNYa
        salam sayang

        dah kerumah PJ belum

  5. Rumah barunya lebih keren, ijo seperti si botol iji, semoga rumah baru ini adalah kupu-kupu nya mas @Batjoe..
    Kalo kang boed udah keluar lum ya dari botolnya, minta 3 permintaan nih..
    emang negeri 1000 bulan???…hihihi…ga nyambung yah!!!

    Met Sahur mas,
    saya juga belajar ketika saya translate,
    file nya banyak jadi lama deh keluar dari kepompong

    hatur tengkiu, qarrobin

    • maksih mas qarrobin atas kunjungannya dan uneg2nya..
      bagaimanpun senior tetap senior maka yang lebih mudah harus bisa menjaga diri kepada yang senior..
      makasih balik mas…
      kalau kang boed keluar dari botol kitapada susah mas enatar dimarahin semuanya ndak mau belajar hidup heheheheeeee

  6. Allah sudah mengatur tahapan hidup ciptaan-Nya, jadi kita mesti maklum kalau bayi tidak bisa langsung lari atau jalan cepat. Kitapun tidak boleh memaksa bayi langsung ngemplok onde-onde jika belum waktunyaha..ha..ha.

    Tuhan juga tahu apa saja yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Kita inginnya mempunyai uang banyak untuk membiayai sekolah anak-anak. Ternyata Tuhan memberikannya dalam bentuk yang lain yaitu anak-anak yang pintar yang selalu mendapat bea siswa. Mungkin kalau dikasih uang banyak, bapaknya langsung mikir yang aneh2 sehingga uang sekolah anaknyapun amblas

    Salam hangat dari Surabaya

    • wah lebih lengkap deh koment saya dan artikel saya..
      bener ya pakde bayi aja tidak langsung merangakak atau buat onde-onde dulu hehehehehehheeee
      dan bener bila kita diberi sedikit maka itulah aturan yang Tuhan berikan kepada kita agar kita berusaha lagi untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dan halal tetunya…
      makasih pakde dah cape2 mau mampir…
      bagaimana suroboyo? makin panas?

  7. semoga menjadi kupu-kupu yang indah

    • ya pak mudah2an jangan jadi kupu2 malem hehehehee

  8. Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllll

    • lagi nyusun strategi untuk ketemu senior heheheheeee
      nanti malah hantu yang dateng ukan botol ijo lagi..
      bagaiman keehatanya kang? kuangin rokoknya kang entar bukanya sehat malah sakit.
      makasih kang ah mampir lagi

  9. Artikel yang menarik mas. Terima kasih atas kunjungannya.

    Salam Persahabatan.

    • bagaimana mas udah ndak pusing lagi?
      dan bagaimana kondisi sahabatnya?
      semoga Tuhan selalu melindungin dan selalu memberikan yang terbaik buat kita semuanya…
      salam persahabatan juga mas….

  10. kupu kupu indah itu…iya kupu kupu indah itu, bukanlah manusia yang menentukan baik buruknya keindahan dia, tapi TUHANlah yang memiliki rencana untuk kelangsungan hidupnya menghiasi bumi dengan segala keindahannya di antar bunga bunga yang bermekaran….

    bener banget mas bambang, hidup itu perjuangan, hidup itu proses, nggak ada yang lurus, karena tuhan maha mengetahui apa apa yang di butuhkan oleh hambanya. dia lah yang tahu yang terbaik buat hambanya. kemudahan dan keberhasilan itu selalu ada di balik kesulitan. bukan pada kemewahan dan bukan pula pada sikap manja yang di biasakan…

    dan hidup ini gak akan indah kalo gt2 aja, lurus aja, gak akan ada cerita dan kenangan yang menjadikan kita mensyukuri makna dari hidup ini. masalah adalah pendewasaan, pendewasaan adalah derita. Bahagia dan derita hanyalah suatu hal yang datang silih berganti. mereka datang dan pergi begitu saja. nggak ada yang perlu di hindari, karena mereka teah diciptakan TUHAN untuk berpasangan. bukana segala sesuatu yang ada di dunia ini hidup dan ada dengan berpasang-pasangan??? semua itu hanyalah permainan sebuah jiwa yang sedang tumbuh dewasa…

    mari kita saling berpegangan, saling menjaga tali silaturrahmi, saling menyemangati untuk mendekatkan diri padannya…

    selamat menunaikan ibadah puasa mas bambang, semoga kita selalu dibimbing menuju cinta dan ridhonya amien…..salam hangat dari sahabatmu🙂

    • maksih boz… dan adalah kepunyaan Allah yang ada di otak saya…
      bener atau tidaknya biarlah menjadai bagian dari perjuangan mencari makna hidup yang sangat diharapakn untuk kelak kembali ke FITRA DIRI yang agung..
      selamat pagi dan semoga puasa FULL dan AFDOL
      makasih mas zul dah mampir….

      • bener mas, kita serahkan semua padanya
        selamat pagi juga mas, insyaallah puasanya full, semoga diberi kesmepatan dan kekuatan olehNYA….

  11. Assalamu’alaikum,
    Salam kenal, ini kunjungan saya yg pertama, semoga Mas Batjoe berkenan silaturahim ke blog saya.
    (Dewi Yana)

    • waalaikum salam mba dewi yana..
      segera saya meluncur ke rumahnya…
      dan salam hangat juga persahabatan…
      semoga terus berkenan datang ke tempat kami yang masih terus mencari makna hidup dan semoga dapat bebagi..
      terimaksih.

  12. Perjuangan masih panjang, rintangan dan hambatan menunggu kita lalui, kita harus yakin di balik satu masalah tersedia banyak jawaban/pembelajaran.

    Terima kasih kunungannya. Selamat berjuang.

    • hidup atau mati

  13. Assalamu’alaikum,
    Terima kasih Mas Batjoe, atas kunjungan balasannya. Blog saya itu, saya buat sendiri, blog gratisan. Untuk pasang jam, tinggal klik di jam saya tersebut, dan ikuti petunjuknya (ada berbagai macam model jam disana). Saya tinggal di Jakarta. semoga silaturahim kita selalu terjaga.
    (Dewi Yana)

    • kok keren banget ya mba blognya…
      wah kemarin saya kejakarta makin macet dan makin panans aja ya mba….
      salam buat keluarga dan met sahur aja mba
      makasih mba

  14. Selamat Malam Mas, terima kasih sudah berkunjung…
    Hanya kepadanyalah kita berserah diri, tiada kemenangan dan kekalahan tanpa kehendaknya. Sukses Mas.

    • ya..yaya…
      semoga kita selalu dalam lingkaran karunianya dan semoga kita tahu siapa diri kita yang sejatinya..
      sukses juga buat mas indo
      makasih atas kunjugannnya.

  15. Mantaabbbb pencerahannya…makasih…

  16. woooowwwww thenkyu mas tausiyahnya…..kerennnnnnn

    • wah biasa aja kok mas pencerahan yang lebih hebat lihat aja di blogroll saya tuh kumpuln orang2 yang mempunyai wawasan yang luas tentang islam dan beraneka ragam cara pencapainnya…
      maksih mas buwel pokoknya senengin aja diri dengan kebaikan karena itulah kunci dari kehidupan ini
      tenk yu dah bolak balik nyamperin blog saya yang aneh ini

  17. Mas Batjoe… husnu dzon banget…. moga2 tetap dalam ridhoNYA…

    • ass… dan selamat malam pak ganang…
      saya tidak ngerti saya husnu dzon apa ya? hehehehehe saya masih bodoh dan terkadang kata2 atau kalimat yang saya buat kurang saya teliti dan tadi sudah saya bales lagi untuk permohonan maaf karena salah nulis kata “maksa” harusnya “makna”
      sama- sama pak dan saya salut dengan blog bapak pendek2 tapi dalem banget pengertiannya.. semoga Bapak sekeluarga dalam rhidonya juga amin

  18. haddiirr…

    siang siang gini mengunjungi sahabat… berharap ada yang berkenan memberi sebungkus nasi buat bekal berbuka nanti….

    hhmmm… luar biasa… setuju sekali… saya tidak memperoleh apa yg saya inginkan tapi saya mendapatkan apa yang saya butuhkan….

    yayaya… seperti itulah seharusnya kesadaran batin…

    cu…

    • ass…. pak makasih dah mapir terus dan nasi bungkus dah habis yang ada es campur MR koki hehehehehehee
      kesadaran bathin memang harus dijaga agar rasa duniawi tidak merajai jiwa kita… salam anget seanget angetnya pak…

  19. kritik dan saran dari para sahabat, adalah proses yang akan merubah kita dari ulat menjadi kupu-kupu.. wa tawasaw bil haq wa tawasaw bi sabr..

  20. setiap proses pasti butuh waktu,, dan didalam proses tsb pastinya ada jalan yang tak mulus..,, namun membuat kita lebih matang dalam menyikapi hidup.. wa’allahu alam bishawab

    salam kenal,, trims untuk kunjungannya ke gubuk rayya🙂

  21. sepertinya pernah baca deh tulisan spt ini. mungkin mirip2 ya. kritik dan saran memang perlu utk membuat kita lebih dewasa dlm bersikap.

    btw, makasih sudah mampir dan memuji. nih, saya kasih lemper 3 bungkus.

    • BENER MBA INI ARTIKEL COPAS PERTAMA KALI SAYA DAN SAAT ITU WC LAGI BUNTU MAKANYA NDAK BISA BUAT ARTIKEL SAMBIL MENIKMATI ANUGERAH YANG TERINDAH DARI SANG PENCIPTA HIHIIHIHIHI

  22. ternyata kamu muridnya lopis toh. pantes ketawanya aja sama. hi hi hi begitu.
    btw, gombalnya disimpan aja ya, nak. buat cewek2 lain. he he he….

    • wahduh…
      asyik nih masih anak-anak akunya hihihihihi
      gombal kamsusnya kain lap ya hahahahahaha

      ya mba buat ceweq lain aja dech kalu buat mba fany saya kasih rayuan aja mau???

  23. Kupu-kupu yang lucu
    Kemana engkau pergi….:mrgreen:

  24. pagi Batjoe. siapa bilang saya blm bangun? enak aja hi hi hi…pagi2 dah ngeledek ya. dasar jail. keturunan si lopis banget ya kamu.

    rayuannya sudah tak kirimken ke cewek2 tuh.

  25. Keturunan si lopis…Astaga kalo anakku segede Mas batjoe, sudah setua apa diriku yang aduhai imut ini. Astaganaga..Hi Hi Hi

    • @Cah Bagoes
      Astaganaga..Hi Hi Hi
      ____________________
      Murid tekamu si Naga Tidur😀 weis tangi turu.. hehehe….

      • Tangi turune mung ngelindur saiki turu meneh

  26. setua buto ijo, pis. hahahah….
    imut dari belah mana? dilihat dari menara eiffel ya? heheheh

    emang keturunan kamu kok. liat aja gaya merayunya dan ketawanya. salut…kamu punya murid yg pinter banget. bisa nyamain ilmu gurunya.

  27. Kalo masalah merayu mah, dia nggak perlu diajarin. Malah dia yang mestinya ngajarin.🙂

  28. kunjungan balasan di malam hari.

    @lovepassword : he he he…jadi kamu mesti belajar lagi toh? perasaan udah mahir lho, pis.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: