Posted by: batjoe | 29 August 2009

ILHAM

ramadan_devil12Bulan Rahmadan tahun ini dan mungkin disetiap Bulan Rahmadan ditahun-tahun sebelumnya yang kami rasakan adalah Cuaca Panas yang terus menerus menyerobot  disetiap waktu baik pagi hingga sore hari menjelang berbuka. Wajah-wajah manusia sebagai kalifah di Bumi yang sedang menjalankan Puasa  terlihat lesu, lemas dan tidak berdaya. Tapi ada juga sebagian manusia lainnya yang masih beraroma kegembiraan dan menikmasti datangnya Bulan Suci Rahmadan.

Setiap hari pergi dan pulang kerja  berkendaraan roda dua menyusuri bumi yang telah menjadi jalan raya yang panjang  kadang jalannya rata kadang bergelombang bahkan ada yang jalannya rusak berlubang tapi masih terdapat pohon-pohon, tumbuh-tumbuhan yang berjejer dipingir jalan yang dibuat dan ditata rapi oleh tangan manusia serta yang memang tumbuh liar apa adanya sehingga dengan wujud bagian itu serta merta menutupi kecacatan buatan manusia tersebut disebagian rupanya  dan setiap hari juga berupa-rupa  bentuk wajah awan diatas langit menemani setiap gerak dan laku kami di atas tanah milikNya,  hitam pekat, mendung, panas, cerah bahkan hujan sering kami rasa. Tiada sanggup kami  membendung itu semuanya.

Tapi anehnya sifat manusia (DIRI SENDIRI) walaupun sudah tentu lemah masih saja belum merasa damai dan tenang dengan keadaan yang sebenarnya sebagian diciptakan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri (kerusakan ekosistem bumi) yang mengangap dirinya paling  sempurna. Tapi nyatanya baru sedikit saja  tetes air hujan menyetuh kulit tubuh yang katanya kekar dan kuat, sepoi gelombang angin yang kuat menyusup disela-sela jaket/pakaian kerja yang katanya mahal serta rapat dan  panas sedikit yang memerahkan kulit kepala yang katanya punya otak encer  langsung saja jatuh sakit, demam, mimisan (keluar darah dari hidung), pusing,  mengeluh, bahkan ada yang ngedumel  kecil “kok hujan sih“, “kok Panas sih“, “kok sakit sih” dan kok…kok lainnya.

Aneh tapi Nyata jadi manusia memang ribet maunya enak melulu   dan maunya sempurna… SOMBONG sekali!  Sekarang coba kita ambil hikmanya (renungkan) saja dari kejadian panas dan hujan ini. Coba bayangkan  kalau terjadi hujan terus-terusan  bagamaina jadinya dunia ini dan coba kalau terjadi panas terus-terusan  bagaimana pula jadinya dunia ini? maka tidak akan terjadi keseimbangan dalam berkehidupan didunia mungkin bisa-bisa tingkat emosi manusia memuncak dan akan berakibat fatal yaitu kehancuran akhlak dan dunia ini. YA…, kalau langsung KIAMAT KALAU TIDAK??? MANUSIA AKAN SALING GONTOK-GONTOKAN LAGI!!! dan YANG KUAT ITU YANG MENANG!!! ndak ada lagi kata-kata I LOVE YOU FULLLLLLLLLLLLLLL (ini slogannya mba SURIP dan KANG BOED)

Itulah kenapa Allah Maha Pengasih Juga Maha Penyayang, dia menciptakan sesuatu karena DIA LEBIH TAHU DARI KITA YANG CUMA HAMBA. Sudah diKASIH, di SAYANG lagi tapi kenapa masih juga mengeluh, angkuh dan sombong? sewajibnya  kita sebagai hamba  lebih bisa mensyukuri semua nikmat yang diberikannya sekalipun itu  Buruk dan Sakit (karena semuanya dari DIA) serta menjadikan hamba yang selalu mengingat kebaikan-kebaikannyaNYA atas semua ciptaanNYA dengan akal dan jiwa yang benar-benar men CINTAI semua yang DIA ciptakan. Didalam Al-Quran Surat ALI IMRAN ayat 190-191 tegas disebutkan :

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda bagi orang-orang yang berakal’ (190)

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. (191)

Tinggal URIP (hidup) saja susahnya minta ampun, udara tinggal hirup, air tinggal minum, tanah tinggal keruk, api tinggal bakar tapi kenapa juga kok ya masih saja zahir (roh) manusianya susah untuk mengendalikan hawa nafsu sendiri yang sebenarnya adanya tidak jauh dari tubuh kita. dan renungkan lagi bila salah satu sumber ditubuh kita misalnya UDARA (angin) aja yang distop jadinya kita KOIT alias MATI.

Wahai jiwa-jiwa yang tenang yang selalu tergusur oleh jiwa-jiwa yang kerdil dan licik menjadikan hati yang tenang  menagis meraung-raung dalam kegelapan, kepenatan, ketidakpastian oleh sikap mendua kita sebagai jasmani yang tidak tahu diri terhadap rohnya yang sangat merindukan hakiki sebenarnya hidup. Kamipun sebagai manusia yang lemah tak berdaya baik jasmani bahkan roh kamipun  masih juga menangis terus-menerus  mencari kebenaran yang sebenar-benarnya ILMU agar pulangnya kelak jangan sampai nyasar kealam  “api membara” yang tidak DIA kehendaki.

Semoga berguna untuk teman-teman semuanya…. kecacatan tulisan ini adalah milik kami yang lemah dan bila ada kebenaran semuanya adalah kepunyaanNYA.

(Tulisan diILHAMI oleh KOmentar dari Mas madawali.…. mohon maaf mas kami tidak dapat menyebutkan nama blognya karena tidak muncul dikomentar kami)


Responses

  1. Disaat banyak permasalahan hidup,kita ingin berteriak kepada Allah.”Allahku,dimanakah Engkau berada,tidakkah Engkau melihat penderitaanku ini?Telah bersusah payah aku berdoa kepada Mu tetapi di manakah ?……….jawablah aku Allah.,sampai saat ini aku belum menerima sesuatu dari pada-Mu,dimanakah prtolohgam,

    salam rahayu.

    • salam rahayu buat yang-kung…
      terkadang manusia memang lupa bahwa Tuhan selalu mengawasi diri kita dan menganggap dirinya paling bisa padahal kalau mau dilihat kedalam hati sebenar-benarnya hati kecil kita selalu menangis sedih..
      salam rindu buat yang-kung sekeluarga semoga rahmadan ini berkah selalu menyertai.
      amin

  2. wuuuiiiih mantep mas….dalam sekali tulisannya………ijinkan saya belajar dari njenengan…..keep posting

    • mas tono terkadang selalu merendah padahal artikelnya sendiri kalau bener2 dapet menangakap arti sebenarnya “lebih dalam” ketimbang postingan saya..
      keep postingannya mas tono juga dan justru saya banyak belajar dari postingannya mas tono..
      kalau belajar semua orang harus banyak belajar dari sobat blogger yang lebih mumpuni mas…
      salut buat mas tono juga dan salam sayang saya dari balikpapan

      • Betul Mas Batjoe..
        Mas Tono memang punya Ilmu Padi..
        tapi postingan disinipun mempunyai bobot yg luar biasa
        tentang hidup.. apa..kenapa.. yg dikupas tak pernah ada habisnya.

        kalau saya mohon maaf jarang BW.. udah tuwek.. ngos2an..
        seneng yg ringan2 sekitar musik dan humor..
        tanpa melupakan pencarian makna hidup.

        Terima kasih
        Salam.

    • tuh mas tono bener kan kata saya?
      mas tono emang jago dalem membuat artikel yang lebih mumpuni…
      salam sayang buat mas tono yang selalu merendah padahal isinya eheeem
      heheheheheeeee

      • wah koq pada ngomongin orang dibulan puasa…wakakakakak…kita ini sama2 mas sama2 masih belajar…kalo saya lebih pintar paling cuman dikit banyakan sampeyan hihihi….saya dukung terus mas batjoe nulis hal2 kek ginian dan insya Allah akan saya kunjungi terus utk belajar dari panjenengan………..

      • wah saya dapet pelajaran lagi dari mas tono….
        wasyukurillah dan allhamdulillah mudah2an saya dijauhin dari perbuatan dari membicarakan orang tapi bener kok mas ini tulisan berdasarkan diri saya sendiri yang masih suka “ngeluh” hehehehee
        sama2 mas kita belajar dan dengan begini kekurangan kita bisa selalu mendapatkan faedah di tulisan blogger2 lainnya.
        makasih mas tono

  3. Heeee…..Alam semesta akan bekerja sesuai dengan QODRATNYA.

    Penderitaan terbesar bagi kita adalah karena kita telah Tidak DICINTAI, tidak DIKENAL oleh segala yang pernah kita kenal, kita cintai sebelumnya. Hal ini disebabkan karena kita telah MELUPAKAN dan tidak MENCINTAINYA lagi oleh berbagai kesibukan LAHRIAH yang selalu berpijak pada AKAL dan NAFSU pengejaran-pengejaran yang tak pernah terpuaskan.

    Berbagai sifat dan perilaku yang penuh ketergesah-gesahan untuk memperoleh segala yang kita kira MENYENANGKAN membuat waktu kita banyak terbuang, tersita hanya untuk sekedar MENGENAL dan MENCINTAI ” RUMAH ( Bait ) ” kita, keluarga kita sendiri.

    Moment PUASA inilah yang semestinya dapat mengembalikan KESADARAN untuk MENCINTAI dan MENGENAL ” JATI DIRI~URIP ” kita pada sifat-sifat dasar GERAK Alam semesta yang ” SEJATI~BAIK~SABAR.

    Sebuah Postingan yang JOS GANDHOS Kang, moga saya bisa belajar banyak.

    Nuwun

    • ass.. mas santri gundhul…
      banyak terima kasih saya ucapkan akan kunjungan serta wejangan yang sarat dengan akidah untuk diri dan pembaca blog ini..
      adapun sebenar2nya “rumah ALLAH” letaknya tidak jauh dari diri kita tinggal bagaimana kita selalu atau sering berkunjung dan menyapanya…
      apakah dia senang hari ini?
      apakah dia bersedih hari ini?
      hanya kitalah yang tahu dan sekeliling kita adalah bunga penopang agar kita mawas diri akan hidup ini sebenarnya.
      sekali lagi terima kasih atas feed back baliknya dan semoga para pembaca blog ini dapat mengambil hikmanya dari komentnya mas santri gundhul.
      semoga mas santri ghundul selalu mendapatkan berkah selama rahmadan dan seterusnya. amin ya robal alamin.
      wassalam

  4. waaahh moga kita bisa selalu bersyukur ya….

    • ya marilah kita bersyukur bersama-sama dalam nikmat hidup yang telah diberikannya.
      maksih mas a-chen akhirnya masuk juga comentnya tampa melalu satpam lagi hehehehehee
      tanks bro!

  5. Allohu akbar!

    • Allah Maha Besar
      Tiada yang paling besar didunia ini selain DIa
      kita cuma hamba yang lemah
      makasih mas buwel dah cape2 dateng dan teriak ALLAH HU AKBAR

  6. Sangat berguna mas pencerahannya..

    Allah Maha Kuasa atas Segala Firman-Nya..🙂

    • pencerahan saya cuma setitik air dalam luasnya lautan mas yang paling besar adalah pencerahan dari hati kita sendiri.
      bagaiman kita bisa menjadi cerah tergantung dari kitanya mau atau tidak.
      maksih mas mari kita ketawa sama-sama hahahahahahaaaaaa
      selamat malam

  7. semoga kita selalu berada pada kondisi hati yang tenang dengan jiwa yang menang. karena sesungguhnya hati yang tenang denganjiwa yang menang, tak akan mampu terkoyahkan oleh kerikil2 kecil, kedengkian serta kesombongan. manusia hanyalah mahluk lemah, amal ibadahlah yang mampu menguatkan, karena kekuatan itu sesungguhnya dari Allah.

    Hidup ini hanyalah proses yang dipenuhi oleh segala tanda tanya dan segala tantangan. manusia tak akan mampu melewatinya, tanpa adanya ridho dari allah. maka, jangan pernah kita biarkan kesombongan tumbuh dan berkembang dalam hati, karena kesombongan itu akan memudarkan segala bentuk keimanan, melunturkan segala amalan amalan, menghitamkan segala kesucian hati…

    Selamat pagi dan salam hangat mas bambang🙂

    • sobatku yang selalu memberikan saya tawa canda yang segar dalam keadaaan apapun.
      Tenang….
      Diam…..
      Mencari….
      Kemana….
      hanya mas zul yang tahu…
      saya cuma sobat yang selalu belajar dari mas zul yang sangat fair dalam berbica dan berkomentar.
      salam sayang dan selamat malam semoga puasanya AFDOL..

      • nggak seperti itu kok mas, saya ini hanyalah seorang yang jauh dari kata baik. hanya orang sinting yang belajar menjadi baik dari mas bambang dan teman2 yang lainnya. kalo ketawa suka muncrat juga he he he….salam buat si kecil mas🙂

  8. Assalamu alaikum wr. wb.

    Saudaraku tersayang di seluruh penjuru dunia maya…

    Alhamdulillah, bulan Ramadhan telah tiba…
    setelah sempat stagnant sampai sebulan lebih,
    akhirnya ada yang menginspirasi saya untuk menulis ucapan…
    & mengirim komentar spam-nya kepada Saudara2, he he he…
    Tapi kali ini, insyaAllah… saya akan mencoba lebih sopan.

    Hmm, mau tahu isi komen saya kali ini? Heee… rahasia…
    Ya udah deh, nih saya kasih tau…
    Tapi, beneran… mau tahu? Apa? Beneran… yakiin?
    Ow… jangan ngambek donk, iya maaf-maaf…
    Nih, saya kasih link comment-nya…

    http://dir88gun0w.blogspot.com/2009/08/
    ucapan-selamat-kemerdekaan-ramadhan.html

    http://www.4shared.com/file/127273395/aafaeca/
    Ucapan_Selamat_Kemerdekaan__Ramadhan.html

    Selamat men-download & membaca komentar saya, ya!
    Lho, kok jadi maksa sih? He he he…
    Anggep aja ini cuma reminder & invitation dari saudara jauh,
    jadi… nggak ditampilin juga nggak apa2, kok.

    Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita sekeluarga…
    dari kejamnya adzab & dahsyatnya fitnah…
    yang Ia turunkan di dunia, di dalam kubur, & di akhirat.

    Alhamdulillah, Saudaraku tersayang dimanapun kalian berada.
    Jadikanlah Romadhon kali ini lebih istimewa bagi dirimu…
    dengan mengamalkan Qur’an & Sunnah.
    Selamat menunaikan ibadah puasa, secara Lahir Bathin…
    serta raihlah kemenangan sejati untukmu.

    Buat Saudaraku yang punya blog ini,
    mohon maaf lahir bathin & ma kasih, ya…

    Wassalamu alaikum wr. wb.

  9. teriring Salam persahabatan
    dan musik yg mengalun lembut ..
    selalu ingatkah kita..??
    bagaimana untuk bisa selalu bersyukur..
    berjalan dg jiwa tenang..
    hidup tidak “ngoyo”..atau memaksakan diri..
    dengan awal yang baik…
    dengan akhir yg lebih baik.

    Terima kasih
    Salam.

    • tetap mas dalam hidup perlu mmusic untuk nenangin otak yang telah penuh dengan pekerjaan. jangankan hidup mas membaca alquran saja perlu dilagukan agar yang mendengarkan tidak bosan.
      i like music mas
      hampir semua jenis music saya suka tapi yang paling saya suka kroncong koes plus…
      nah ayo siapa yang lebih JADUL?
      salam persahabatan juga mas mudah2an kita tetap mnejadi sahabt yang langgeng..

  10. tenang, damai, sejah tera, … dambaanku. Semoga!

  11. maksih mas dah dateng berkunjung
    tenang, damai, sejah tera, … dambaanku. Semoga!
    ini yang diinginkan semua orang mas

  12. SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  13. tanpa CINTA tiada SABAR..
    tanpa CINTA tiada TULUS..
    tanpa CINTA tiada INGAT..
    tanpa CINTA tiada RINDU..
    tanpa CINTA yayaya.. hanya CINTA membawa sebagian diri terbang bersama yang diCINTAINYA..
    CINTA adalah TALI BUHUL YANG KUAT
    CINTA adalah BOURAQ membawa diri selalu bersamaNYA walau jasad hina ada di bumi
    CINTA daerah TAK BERHURUF TAK BERSUARA
    CINTA adalah RASA SEJATI
    CINTA adalah MAHA GHAIB
    CINTA tidak TERDEFINISIKAN hanya bisa diRASAkan JIWA yang mengalaminya
    CINTA adalah JALAN MELINTASI GHAIB SENDIRI
    SESUNGGUHNYA JIKA MANUSIA MENGERTI AKAN KEKUATAN CINTA.. KETIKA DI DENDANGKAN DALAM KEHENINGAN MALAM.. DI ALAM NYATA ENERGINYA HANYA SEPERTI PERCIKAN AIR YANG KECIL SEKALI.. TETAPI DI ALAM GHAIB SANA BAGAIKAN AIR BAH YANG KELUAR DARI BENDUNGAN BOCOR.. DAHSYAT RUAR BIASA.. MEREMBES KEMANA MANA.. PARTIKELNYA SANGAT SANGAT HALUS SEKALI

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    • emang jago ni botol ijo…
      jadi minder ngekjwabnya heheheehee
      tenang kang tapi jagian saya ya supaya makin mantep..
      entar disangka orang gila lagi seperti akang wakakakakakaaa
      salam sayang juga kang.

  14. Assalamu’alaikum,
    Sebuah tulisan yg bagus. Kita susah, karena kita sendiri yg membuat diri kiita susah. Syukur, qanaah dan tawakal, akan membawa kedamaian hati dan ketenangan jiwa.
    (Dewi Yana)

    • artikel saya biaa saja mba justru tulisan mba cukup baik juga penuturannya.
      sayabanyak belajar dari orang2 yang mumpuni dalam ILMU HATI.
      seperti :
      Kang boed
      Mas PJ
      Mastono
      Mas Haniffa
      Mas Ayreul
      Mas Qarobin dan temen2 yang ad diblog ini mau yang dalam aliran Islami maupun dalam canda dan tawa
      semuanya LUAR BIASA termasuk mba dewi yana lho hehehehe
      makasih ya mba dah teko neng gubukkku

  15. kenapa link namanya ga ditampilan mas @batjoe..

    maksudnya link punya mas @batjoe, bukan link punya saya, link pada koment terakhir udah saya beri link dengan https://batjoe.wordpress.com

    linknya juga udah saya pasang di blogroll

    saya juga selalu dalam keadaan mencari kebenaran, Semoga Allah menunjuki jalan yang lurus ketika kembali kepadaNya

    hatur tengkiu

    • maaf mas baru ngebales..
      sebenranya mas termasuk orang2 yang luar biasa dalam penulisan artikel dan segala jawaban ari orang2 yang menjahilin Islam pun sangat tepat dan lugas.
      maksih mas dah mampir semoga persahabatan ini teus langeng

  16. haddiiirrr….

    malam mengunjungi sahabat…, setelah sekian lama… akhirrnyaa… bisa berkunjung juga….🙂

    hhmm…, semuanya bersumber pada hati, kesucian hati akan menimbulkan kewaspadaan dan kesadaran batin yang akan menggusur habis segala kesombongan, tinggal syukur akan menuntun…

    cu…

    • apapaun Cu……
      kasih taju dong Om kitakan masih kecil ngak tahu singkat2an
      salam sayang ku buat mas parigi
      kopi belum disipin dan teh serta kue2 bukaan juga belum ada padahal sudah jam 6 lewat ,,,,,
      selamat menjelang berbuka mas parigi ku

  17. tulisan yg sangat reflektif kang…
    Gw jg bingung kenapa manusia itu sangat senang dengan watak sombong,, termasuk gw kalee yaaaa
    susah tuk nyadar kalo hidup ini tinggal njalani ajaaa
    gak usah dibikin repot
    gak usah pake gaya gayaaan
    just do it….

    ya Tuhan… ampuni kesombongan gw
    mampiiiiiiiiiiiiiiirrr ke gubugku ya kaang

    salam persahabatan.

    • Mas Almoudy sebelum saya mohon maaf untuk terlambatnya ngasih balesan
      dan tadi sebelum buka udah bolak balik ke blognya mas tapi kok ndak bisa2 ya selalu masuk ke domain…
      bnanti saya coba dateng ya mas dan terima kasih atas kunjungannya
      semuanya itu ada dalam diri kita mas tinggal bagaimna kita mencapai kesetaraan anatara dunia dan akhirat.
      salam kenal, hangat dan persahabatan selalu

  18. Manusia memang rewel. Dikasi panas ngomel, dikasi hujan katanya cucian ga kering. . .

    Hehehe
    salam. . .

    • anla tuh mau ujan dah diangakt belum jemuran enat belum kering dah basah lagi.
      jadinya HANTU>>>>> (HANcur Hatiku……HANcur HAtiku….)
      salam sayang buat Anla

  19. I L H A M – nya yang mana ya??
    Air hujan? Udara? Api? Tanah? Sombong? Masuk Angin? I Love You Fuull? Api membara? Kendaraan roda dua? Bulan Ramadhan? atau….

    Wah, memang bagus sekali tulisan sampeyan mas Batjoe….

    Salam hormat.

  20. SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fulllllllllllllllllllllllll

  21. pigi mana mas dah ketemu frekuensinya

    • mantap kang udah dinales tuh diblognya yang keren abizzzz

  22. @Kang Batjoe
    Selamat sahurrrr… @kang.

    • selamat berbuka mas haniffa..
      ccinta kasih Allah senantsa diberikan kepad sahabat yang telah meluruskan besi yang bengkok kemarin.
      bagaimna pasca gempa mas haniffa apakah terkena juga didaerah mas hanffa?

      • Alhamdulillah
        Peringatan dari Allah tersebut cukup terasa dan kami semua bersyukur tidak kurang satu apapun, namun cukup prihatin pada daerah-daerah yang lain.

        Salam hangat, saudaraku.

        #Haniifa.

      • iya mas haniffa dan alhamdullialha juga mas dan keluarga mmasih dalam lindunganNYA. amin
        dan hanya doa yang bisa saya pajtkan kepad para korban yang timbul.
        ngeri juga mas nglihat dampaknya gempa yang erjadi dari berita di semua media.
        makasih mas haniffa atas kunjungannya

  23. Kunjungan sore……….

    Salam……………………

    • salam persahabtan juga mas

  24. Selamat berbuka puasa mas Batjoe.

    Tulisan refeksi diri yang bagus.

    Terkadang saya masih mengeluh kalau kejadian tidak seperti yang diahrapkan. Terkadang saya memerintah Tuhan agar mengabulkan permohonan saya. (Dalam pemahaman saya, do’a adalah perintah yang diperhalus).

    Terkadang saya ingin memiliki sifat sabar dan nrimo yang luar biasa, tapi terkadang saya jadi takut kalau sabar dan nrimo itu akan mengubah saya menjadi apatis dan pemalas.

    Terkadang kita sendiri yang menyebabkan hidup ini menjadi tampak sulit.

    Mau ngikuti falsafah orang lain bisa dianggap ngga punya pendirian. Mau ngikutin falsafah diri sendiri, bisa dianggap ego-nya ketinggian.

    Wis embuh lah, yang penting saya jalani saja aliran kehidupan ini dan selalu berpikiran positif vertikal maupun horizontal.

    Salam Persahabatan.

    • mas…
      tahu ndak sebenarnya saya udah ketemuan ma kang boed dan cerita tentang mas dan kang boed dan saya bilang luar biasa. Dan jujur kang boed justru mengagumi mas lambang orang yang mempunyai sifat yang baik (gentel). dan sayapun juga makanya saya sering banget ngunjungin blognya mas sekedar menyapa atau koment baik jenius maupun ala kadarnya
      jarang mas orang yang bertengakar kemudian menjadi teman bahkan sahabat sejati (saya menulis ini sampai merinding) karena membayangkan betapa hal yang tadinya buruk bisa menjadi sungguh baik luar biasa.
      dan setelah dipikir2 darimana asalnya kebaikan itu tidak bukan adalah muaranya di HATI.
      selamat berbuka puasa juga mas lambang dan semoga berpikir positif baik vertikal dan horizontal dari mas lambang mendapatkan rahmat yang besar dari ALLAH SWT. amin…
      salam buat keluarga mas lambang juga.
      salam persahabata juga

  25. Assalamu’alaikum,
    Tenangnya batin ada dalam sedikit keinginan. Sikap tidak terima atau tidak ridha, tidak akan merubah kenyataan yg ada. Saya setuju dengan komentarnya Mas Lambang, menurut saya kalau kita ingin hidup tenang dan bahagia, ya… Tawakal. (Dewi Yana)

    • silahkan mba dewi yana siapapun boleh setuju dengan siapapun tidak ada larangan dan paksaan karena semuanya adalah satu kelaurga yang harus saling menjaga, menasehati dan memberikan nilai positif bagi saudara2 lainnya,
      salam hangat buat mba yana serta keluarga semoga masih dalam keadaan sehat walafiat selama puasa.
      bagaimana dengan gempa kemarin apap terasa mba?

      • Assalamu’aalikum,
        Alhamdulillah, ikut merasakan getaran gempanya, Mas Batjoe sendiri bagaimana? Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun. Mari kita semua mendoakan, agar semua korban gempa Tasikmalaya, dikaruniai ketabahan kekuatan dan kesabaran. Bagi korban yg meninggal dunia, semoga diampuni semua dosa-dosanya, amin (Dewi Yana)

  26. haddiirrrrrrr….
    malam2 mengunjungi sahabat membawa kopi special order untukmu sahabatku…

    1. link sudah terpasang
    2. kopi pesanan sudah siap, silahkan dinikmati sebentar lagi, Insya Alloh, 00.00 teng waktu perigitua

    cu………….

  27. KANG BOED BOTOL KUNING HADIR

    • yee ngarep lagi ndak semua diubek2 tuh… baik botol ijo dan botol kuning
      sama2 mantap sekali pencerahannya. kang harus punya pilihanlah jadi ndak pusing dan bingungin. saya percaya manapun yang akang pakai pasti mereka suka tinggal bagaimana akang ngasih pengertian kepada teman2..
      kalau perlu saya managerin nih hahahahahaaaa
      tapi 50..50 ya hahahahhahhaahahahahaa

  28. KANG BOED BOTOL HEJO HADIR

  29. MAAF ALAMAT EMAILNYA SALAH ABSEN
    WEEEEEEEEKEEEKEKEKEKEK

    KANG BOED BOTOL HEJO HADIR !!!!!!!!

  30. alamat saya ada dua bos hehehehehe..

    • yee…
      emang saya ndak tahu justru yang saya pasang linknya malah yang baru dan sering banget diubek2 disitu…
      yang lama juga sering juga dikunjungin tapi tidak ninggalin jejak
      wakakakakakaaaakkkk…
      biasa ilmu padi dipakai lagi…
      tapi kalau saya ma oon beneran hahahhaaaa
      kang sekali2 kasih video pasti lebih yahud lho, minta ajarin ma mas lambang tuh soalnya udah pakai (.com) lho…
      kalau saya harap sih biar lebih rame bukan rame sekedarnya tapi unt pelajaran pasti tambah seru..
      jangan malu nanti malah nyesat saya aja ndak tahu bandung dan rumahnya kang boed bisa nyampe ..hehehehhee
      kangen kang

  31. # Cermin Hati Kotor
    # Renungan Ramadhan tentang Hati
    # Hatiku Mengapa dikau Menangis

    • heheheheeee
      mantap si botol ijo mulai mbagi ilmu..
      ayo rebutan hehehehhee
      kangen kang seperti malem itu..
      kayanya lebih enak kalau ada temen

  32. hehehehe pasang backlinknya engga bisa.. pertanyaan yang pernah ditanyakan.. hehehe..

  33. hehehe dasar oon yaaa.. backlinknya enda bisa pasang hehehehe

  34. Ingat untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah di berikan Insya Allah akan membuat kita mudah untuk menjalani hidup.

  35. selamat siang mas bambang
    semoga puasanya lancar dan sselalu dalam lindunganNYA

  36. penjabaran dalam penjelasan yg sangat jelas….refrensi buat bahan perenungan……makasih Bang Ari

  37. Ремонт квартир. Покупка малые архитектурные формы
    Нужен плотник
    http://build.su/index.php?s=60fcda64a4dddd6d3f1ebbd9a9e5500d&act=SF&f=333


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: