Posted by: batjoe | 20 December 2009

Cacat!

Brrrrr…… Dingin sekali terasa hawa di seluruh tubuh ini yang over size udah gitu ndak ada temen tidur lagi yang ada cuma bantal dan guling yang juga ndak bisa ngasih keturun buat saya…

Kota Minyak (Balikpapan) tiada hari tanpa hujan, hampir dalam hitungan jam air dari langit menguyur membasahi bumi yang belum juga sempet kering…

Disebuah kamar yang walaupun kecil tapi masih bisa untuk loncat-loncat, terbang-terbang dan ngerayap-ngerayap, saya usahin ngelonin lagi blog ini yang emang dah lama ndak dikelonin katanya siblog sih kangen sama pelukannya gerombolan butho, bocor aluz dan patriotik agamais…  silahkan di  simak ya….

Saya memiliki seorang kakak yang paling tua yang sedari kecil sudah mengalami cacat yaitu BISU dan TULI yang katanya ortu kejadiannya pada saat dulu (Jadul) kakak mengalami sakit panas yang tinggi dan pengobatan waktu itu hanya mengharapkan semburan seorang dukun.. ya iyalah disembur!!! wong pada saat itu masih hutan melulu dan dokter juga belum mau dibayar pakai daun dan batu krikil!!! Dokter pada saat itu sombong-sombong ndak mau dibayar pakai uang recean (koin) maunya dibayar pakai tanah satu hektar, wanita cantik dan montok juga rumah mewah lengkap dengan fasilitas kolam renang dan pembatu segala dan bila tidak ada uang muka atau istilahnya uang jaminan jangan harap didahulukan diperiksanya walaupun udah mau KOIT….. sehingga ortu ya pakai jasa dukun dan   dari penyakit panas tinggi itulah INDRA dari kakak hilang hingga saat ini.

Setelah semakin dewasa dan ganteng seperti sekarang ini, saya makin menyadarin bahwa kekurangan dari kakak itu banyak sekali hikmah yang dapat dipetik. mungkin contohnya akan saya kulitin sedikit-sedikti agar para pembaca dan sidang blogger yang terhormat bisa metik-metik dari seorang  cacat BISU dan TULI :

Orang yang Bisu dan Tuli Otaknya Encer seperti Habibie, sejak kecil dikarenakan kakak tidak sekolah maka Bapak mengajarin kakak untuk bisa mendiri dan Bapak yang jago nukang mengajarin kakak nukang dan hingga saat ini kakak selalu dipakai orang untuk mengerjakan rumahnya baik dari pemasangan pertama kali (pondasi)  hingga bener-bener menjadi sebuah rumah yang indah dan salah satunya adalah rumah saya yang bentuknya jenis Western (koboi githu…). Saya aja sebenarnya juga binggung wong ndak sekolah arsitek dan bangunan, bisu-tuli lagi,  kok jago ya dan bila saya memeberikan gambar arsitek justru dia ndak mau katanya dalam bahasa kebisuannya “semua rencana dalam gambar arsitek itu sudah ada dalam kepalanya” nah lho melongo sambil ngiler-ngiler dech… dan hasilnya luar biasa! dan itu bukan saya saja yang bilang karena kalau tidak bagus pekerjaannya hingga sekarang mungkin kakak jadi pengangguran dirumah justru setiap hari, jam setengan enam pagi dia sudah tidak ada dirumah karena sedang ngerjain rumah yang satu ke rumah satu.

Orang Bisu dan Tuli Suka Dibohongin tapi tetap aja Lebih Pinter, Selain pinter nukang kakak juga jago main catur tapi anehnya setiap lawannya yang katanya “WARAS” kok ya masih tega-teganya main dengan cara nipu ya? Sebenarnya dalam kamar saya pingin komplaint tapi saya biarin aja dulu. Kemungkinan karena kakak itu bisu dan tuli mereka seenaknya diskusi untuk bisa ngalahin kakak main catur. Sudah main kroyokan pakai acara PKI lagi (musuh dalam selimut) tapi diujung permainan kakak juga yang WINNER!!!! hihihihihihi… dalam hati saya cuma bisa bilang “mampus lu…makanya jangan suka ngibulin orang yang cacat entar kamu bisa cacat juga lho…!!!”

Orang Bisu dan Tuli itu lebih sabar, Keadilan Sang Pencipta kepada Umatnya sangat luar biasa coba ya kita lihat dari dua contoh diatas kalau kakak itu tidak Bisu dan Tuli pasti EMOSInya meledak-ledak. Dia harus ngikutin gambar arsitek kita yang njelimet pasti kerjaan buat rumahnya ndak selesai-selesai malah banyak tengkarnya sama yang punya rumah dan pasti dia diterikain terus-terusan karena merasa disalahin melulu dan yang lebih parah  pada kejadian kedua mungkin malah bisa-bisa pakai acara tampar-tamparan, bunuh-bunuhan terus dimasukan kesebuah sumur tua, lantas cuci tangan dan ninggalan fitnah yang ndak selesai-selesai hingga ajal menjemput. Gawat!!!

Nah cukupkan…??? ambilah sedikit hikmah dari cerita diatas yang emang bener-bener nyata dari kakak saya yang BISU dan TULI tersebut bahwa hidup ini masih begitu banyak harapan, jangan putus asa dengan kekuranagn dan jangan juga sombong. Karena dalam Kebisuan dan Ketuliannya dan Buta Tulis dan Huruf  kakak tidak diharuskan dan diwajibkan memberikan kalimat dan kata-kata nasehat yang panjang dan  pakai ayat-ayatan segala, cukup kita melihat tingkah lakunya dan perbuatan nyatanya dan  Siapa yang tahu kalau seorang BISU TULI itu malah lebih dulu kenal yang namanya SURGA ketimbang kita-kita yang WARAS!!!

Salam banyak-banyaklah menjadi orang bisu dan tuli agar hati kita bisa lebih cerah melihat segala perbedaan dan persoalan…


Responses

  1. Hebat Mas Batjoe…Hebat. Dikeroyok main catur tetap menangan. Memang manusia itu ya kadang nggak tahu malu. Sudah nipu keroyokan pula dan masih kalah lagi. Jan Jan…

  2. Imajinasinya mas Batjoe memang luar biasa, terutama di kalimat yang ini, “pakai acara tampar-tamparan, bunuh-bunuhan terus dimasukan kesebuah sumur tua, lantas cuci tangan dan ninggalan fitnah yang ndak selesai-selesai hingga ajal menjemput”. Mirip dengan komen-komennya di blog-sikat-hajar-bunuh..

    Keknya sih karena kebanyakan nontoh film kartun. Terutama film Tom and Jerry yang katanya film anak-anak, tapi sebenarnya malah ngajarin sadis dan tegaan.

    Coba dulu cuma nonton Teletubbies, pasti imajinasinya lain lagi.😆😆

  3. ya gitu dibalik kekurangan pasti ada kelebihan…cuman mo bersyukur apa tidak itu urusan lain… :mrgreen:

    oiya teringat waktu masih kelas 2 SMP kira2 setahunan lebih yang lalu duh ketahuan masih abg saya ditantang maen catur ama anak kira2 umurnya 24 tahun anggap aja masih anak2 hihi dia emang jago main keroyokan didalam mengintimidasi lawannya…setiap saya akan gerak pasti disorakin lah, diketawain lah sama dia dan bala kurawanya:mrgreen: daaaan akhirnya saya menang dengan susah payaaah…si anak gede itu muaaaluuuu tapi karena jaim ya ngomongnya sedang ngalah:mrgreen:

    • huhahahahahahaha…
      makanya jangan macem-macem sama keturunan buto..

      belum lagi tuh diem-diem biar smp makannnya bidak catur sama anak umur 24 huahahahahahahaha…

      dasarx buto ya biar dikroyok tetap aja menangan…

      salam sayang buat buto yang makin ngapik wae artikelnya…🙂🙂

  4. salam sayang dan salam pagi buat mas-masku yang juga imajinasib (imajinasinya juga senasib)…

    dan kalimat balasanku cuma :
    hehehehehehehehehehe🙂

  5. salut buat ayahmu yg sudah mengajarkan kakakmu shg bisa mandiri. Memang kita tidak boleh meremehkan orang yg punya kekurangan (cacat) krn biasanya mereka punya talenta yg melebihi orang biasa.

  6. Aku masih sedih.

    • Tapi aku nggak sedih.😀

      • aku juga ndak sedih…
        ini benaran sedih karena jatuh cinta ya fit….???😦

        ayo ah masih banyak kawan kok di FB apalagi samarinda ada komunitasnya segala…

        semangat lagi fit…

  7. hai gadis-gadis maniz…
    pa kabar di minggu pagi ini???

    @mba fan : kamu juga bisa kan menjadi wanita mandiri sprti crita bagiamna kamu susah dahulu..
    kekuatan dari hati…

    @Fitri : fit jgn sedih dong mash banyak lho yang lebih baik lagi… ayo ah.. semangat lagi, cari lagi, ilang satu tumbuh seribu🙂🙂

    • @Tuan Putri
      Bwetulll, apa kata @kang Batjoe… insya Allah, bakal tumbuh seribu kawan yang menyenangkan.

      • piye kabare mas haniffa…
        bagaimana pencerahannya pada kaum sebelah kelihatan tambah kebakaran jengot ya dipostingan terakhir,,,,

        salam hangat pisang goreng buatmu mas disore yang cukup sejuk ini…

      • Alhamdulillah, @Kang😀
        Kaum sebelah kiri dan sebelah kanan… nyaris tak terdengar lagih.

        Matur nuwon, pisang gorennyah.

    • hai gadis-gadis maniz…
      pa kabar di minggu pagi ini???

      ===> Hi Hi Hi, gayamu sekarang sudah mirip sama Choky Sitohang…

    • Hihihi… mas Batjoe ini kan lagi puber kedua, jangan diledekin entar malah ilang semangatnya. Sekarang hobinya kan nongkrong di blog cw-cw.🙂

      • hallah…. buat mas LOP dan Mas Lambang….:)🙂

        semburu bilang dong… jangan main belakang gitu hehehehehe
        puber kelihatannya ndak deh.. cuma pingin ada wawasan dari para wanita2 pemberani di blogger indonesia…

        ayo serang lagi

  8. Subhanallah, Mas.
    Memang hebat kakakmu itu. Dia arsitek yg terbentuk secara natural 🙂

    Membacanya saya teringat Allah yang telah menganugerahinya kecerdasan meski tak pernah di sekolahkan.

    Allah menakdirkan dia sakit hingga harus kehilangan panca inderanya, namun Allah juga memberikan kemampuan lebih untuknya yg membuatnya bahkan lebih mandiri dari org normal .
    seperti yg Mbak Fanny bilang di atas, ayahmu telah melakukan tindakan tepat dengan mengajarinya keterampilan nukang. Salut.

    • iya bu sayapun makin manyadarin bahwa kenormalan kita aja kadang menyakiti orang lain..
      makasih atas sharingnya disini..

      salam buat keluarga di rumah..

  9. keren…punya bakat seperti itu seperti terlahir 10 diantara 100…berbanggalah…
    selamat sore…
    salam kenal dalam persahabatan

    • wah kerenan kamu ma yayangmu dong dan hebat juga foto-foto diblogmu..

      salam hangat dan persahabatan juga

  10. Salam Mas Lambang…….
    Salam Mas Batjoe……
    Salam M4stono…….
    Salam KangBoed….
    Salam Mas Sabdalangit…..
    Salam Mas Wong Alus…..
    Salam Mas Sumego…..
    Salam Mas Ngabehi….
    Salam Mas Adi Isa….
    Kalian semua adalah sahabat2 yang Budiman dan selalu Perhatian…
    Semoga Allah Swt senantiasa memberkati Kalian dalam Berkah di setiap harinya dan di setiap langkah2.

    Ma’afkan Saya ya….yang sedalam2nya jika saya belum bisa sepenuhnya untuk ber-aktifitas di dalam Dunia Blogger. Namun semoga itu semua tak menjadi hambatan bagi kita untuk selalu dalam lingkaran Persahabatan.

    Selamat Malam dan salam Pengembaraan……untuk kalian Sahabat2 Hati.
    Dan salam Cinta Kasih sayang selalu.

    PJ

  11. Mas PJ,
    Terima kasih, semoga selalu sehat dan bahagia.
    Salam Persahabatan.

    • yeach…
      muncul juga akhirnya bapakku ini….
      sampai2 ditegur dilampu merah rapak sdh tak kenal padahal yang sering nyeramain siapa ya ????🙂

      buat mas lambang makasih udah bantuin komentar disini.. tahu aja muridnya lagi kalang-kabut gini huhahahahaha

      salam sayang dalam cinta sebagai sahabat dan kawan dalam mencari ilmu yang sesungguhnya..

  12. Walah..! Puber ke dua, rupanya.

  13. pagi mas Batjoe. Kamu makin pinter merayu yah. Kayaknya kamu murid teladannya si lopis deh.

    Puber ke 2..hm…pantesan…hobi ngegombal.

    • hai… lagi-lagi kalian dateng krumahku disaat aku tidak ada…:) (nglirik mas LOP dan Mas Lambang juga Mas Hanifaa… takut dilempar linggis, lemari dan tv 21 inc hehehehehe)

      wah PUBER ya? ya iyalah PUrba BEneRan hihihihihihihihi

      mks mab fit dan mba fan-fan bagaimana kabar kalian disore ini?

  14. selamat pagi….selamat berhari senin hehehe

    • sore mas .. hehehehehe juga🙂

  15. Mas Batjoe,
    Kalau hadiahnya gombal sak karung aja gimana mas? kan sekarang lagi hobby ngegombal.. hihii… Ailapyufulll…..

    Entar dikirim pakai sinterklas lewat cerobong asap ya….

    • boleh tapi jangan cerobong dech lewat jonggon aja ya hehehehehehe
      sore mas lamb…

  16. salut Tuan… semoga segenap saudara-sudara kita yang invalid bisa mensyukuri keadaan yang diberikan Allah… setiap kekurangan, pasti ada kelebihannya… hehehe… salam sukses ya Tuan…

    sedj

  17. malam pak Batjoe.
    kenapa lirik2 mas lope, mas lambang dan mas Hanifa? dilempar TV ? ya mau dong..

    btw, makasih sudah menyebut saya sbg wanita pemberani di blogger Indonesia. Eh, bener kan itu sebutan buat saya juga? Bukan krn saya yg geer? hhehehe…

  18. selamat pagiii
    hehehe
    selamat hari ibu yah
    kasih ibu tak terhingga sepanjang masa

  19. Met siang mas Batjoe.
    Udah nyebar gombal berapa hari ini? Hihi…😆

  20. sejujurnya saya meneteskan air mata KAng jika melihat sejarah beliau..namun Allah SWT maha adil saya yakin itu😥

    • selamat sore Kang dan selamat beraktivitas maat telat sowan kemarih

  21. Sore mas dari uraian penuturan Anda, saya malah salut sesalut-salutnya sama beliau (kakak) tak mengeluh akan kekurangannya dan malah menjadi seorang yang super hebat dibandingkan para arsitek
    salam kenal

  22. berasa ada di jalan tol. baca dengan terengah -engah, bablas tanpa tanda baca:mrgreen:

    maaaaaap ya, plis dont mind it !

    hm, Helen keller seorang perempuan buta-tuli-bisu. masa kanak-kanaknya penuh warna. saya pernah membaca biografinya dan merasa bgitu terharu dengan semangat hidupnya. Dia menjadi dosen bagi orang -orang normal. hebat kan?

  23. Malem mas.
    Mas Btjoe sering nyebut jonggon, apa sih itu? Sumur ya… apa talang air…

  24. Sangat OK, Menarik, …
    walau saya ga pinter catur,

    • Saya Copas kalimat terakhir:
      “Salam banyak-banyaklah menjadi orang bisu dan tuli agar hati kita bisa lebih cerah melihat segala perbedaan dan persoalan…”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: