Posted by: batjoe | 8 January 2010

” aDa rASa “

Dihajar dan ditinju pekerjaan yang sudah diperkirakan akan semakin kenceng di Awal TAhun 2010 membuat kegiatan GIBLOG (GIla ngeBLOG) jadi tersendat-sendat, bahkan hampir mati suri, tambahan darah segarpun tak cukup untuk mendobrak imajinasi otak untuk membuat sebuah cerita dalam  gubuk Batjoe ini.

Selepas Sholat Ashar sekedar menghilangkan kejenuhan dalam bekerja, di sebuah Masjid di daerah Pasar Baru tepatnya di Masjid Asuhada. Tangan ini segera mengambil Kitab Suci orang Islam untuk dibaca-baca dan membuka nya sembarangan, ternyata yang terhidang adalah sebuah ayat yang mengingatkan saya untuk tidak terlalu sangat-sangat bernafsu akan mengejar yang namanya duniawi.

“Ya Tuhan kami, berilah ampun aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mu’min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).

Dan janganlah sekali-kali kamu (Muhammad) mengira, bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang dzalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak.

Mereka datang tergegas-gegas memenuhi panggilan dengan mengangkat kepalanya, sedang mata mereka berkedip-kedip dan hati mereka kosong”

(QS. Ibrahim (14) ; 41-43)

Semoga bermanfaat.


Responses

  1. Jadi inget iklan, “Ada harga ada rasa.”

  2. Wueh, tadi ngga sempat baca isinya. Yang saya maksudkan di komen atas itu judulnya mas, bukan isinya.

    *dan sepertinya judul dengan isi memang ngga nyambung*😀😀

    • suka2 tuan rumah mas..plis dong ach…….betuuul http://www.gaya-zainudinMZ.com :mrgreen:

      • betuuullll..
        suka-suka aku dong ya mas ton…

        biasa mas guru kadang malu kalau postingannya banyak ndak nyambungnya. makanya saya suruh baca ampe abis….

        katanya harus punya “rasa” dulu ….

    • wes ..ang penting ada postingan.. mau nyambung apa tidak yang penting updete hihihihihihi

      • Hehe… nesu…🙂

  3. Barangkali ada rasa gimana.. gitu ketika membaca ayat-ayat Al-Qur’an. Sehingga terpostingkan dengan judul aDa rASa yang tak terdefinisikan. hehe.
    bener gak yaaa..

    bener2

    • maaf ummu…
      mungkin emang ndak nyambung tapi berusaha selalu ada rasa untuk selalu ingin semangat ya…

      salam kangen ummu…

      • Eh, Mas.. siapa bilang nggak nyambung. Nyambung aja kok. kan saya bilang saat Mas Batjoe membaca Al Qur’an Mas batjoe merasakan sesuatu (ada rasa gimana.. gitu, sulit utk dilukiskan). saya katakan tak terdefinisikan karena rasa itu sulit diterjemahkan rasa apa. sehingga judulnya ada rasa, thok. tanpa definisi.

        Dan sebagai pembaca kita dipersilahkan untuk bebas merasakan rasa itu dengan suguhan ayat-ayat Allah di atas. sehingga pembaca bisa ikutan ada rasa juga.

        Yang jelas rasa itu akhirnya mendorong Mas utk membuat postingan yg berisi ayat-ayat yang membuat Mas Batjoe ada rasa itu tadi…

        Ah.. sebenarnya dalam sekali judul ada rasa itu..

        Salam hangat

      • terima kasih atas “feedback” nya ummu….

        kalau ke balikpapan lagi hubungin saya dong????

        walapun cuma segelas air putih tapi bisa menjaga silatuhrahmi bersama kelurganya ummu itu adalah lebih baik lagi

        salam rasa dari balikpapan ya ummu dan salam buat kelurganya ummu semoga Allah senantiasa memeberikan Rahmat dan Rahimnya.. AMIN

      • Mas Batjoe, sebenarnya kita kemarin itu nggak nyampe Bpn. Kita cuma ke walimahan keluarga di Handil, trus baru ke pantai Samboja. Langsung balik ke Smd lagi.
        Ya mudah-mudahan lain waktu bisa ke Bpn ya. Dan bisa silaturahim sama tetangga kota sebelah.. heheh

  4. Ayo Joe, tetep semangat!
    Tak perlu darah segar utk “giblog”,
    Sing penting mata jangan kedap kedip tak fokus Hehe!


    Mereka datang tergegas-gegas memenuhi panggilan dengan mengangkat kepalanya, sedang mata mereka berkedip-kedip dan hati mereka kosong”

    Salam Jumpa!

    • hallo bang…
      wah baru nonggol bang.. mana nih oleh-oleh dari kampung??

      hehehehehe.. suntuk bang banyak banget kerjaan

      • Tolah-toleh hasil ngampungku lagi kususun Joe. Ada yg penting yg sedang kususun dari masa lalu yg harus kita telan baik-baik utk bekal masa depan. Ntar deh! Kerjaan kudu diutamakan.

        Salam!

    • aku salut sama abang walaupun berbeda keyakinan tapi abang sangat memahami kalimat “ada rasa” yang terangkum dalam “kalimat yang abang copas dari artikelku”

      salut aku bang….

      begitulah manusia, kalau cuma “rasa” doang ya seruan Illahi cm mampir sebentar lantar itu hilang ya “mata hati berkedip-kedip dan hatinya jadi kosong lagi”

      ah…. senengnya bermain-main kata dan makna bersama abang…

      selamat bergambung kembali bang

      • Salaut?

        Kita hrs mempelajari takut pada salut,
        Aku hrs inga peristiwa monyet jatuh itu.
        Kita hrs inga bagai mana Aa Gim melempem.

        Salam inga … inga … ting!

      • Mas Joe,
        ijinkan aku ikut bermain kata berbagi rasa, di blog yang keren ini.

        salam

      • wah mas HH muncul juga kau disini..

        masrilah berbagi ilmu di blog ini.. ini blog bebas tanpa pamrih untuk bisa unjukkan kata-katamu tanpa ada pencekalan dan brutalisasi kata-kata.
        bloh kasar tapi tidak menyakiti hihihihi (emang bisa ya???)

        salam hangta buatmu mas HH

  5. Assalamu’alaikum,
    Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
    (QS. Al-Hasyr [59] : 18). “Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (Q.S. Al-Hadiid [57]:20) (Dewi Yana)

    • mks mba dewi…..
      tambahan ayat yang mba uraikan sangat-sangat menambah postingan saya ini.

      terima kasih mba jadi inget masih banyak “PR” nih…

  6. Subhanallah,
    Pendek, singkat, padat namun tepat sasaran dengan pemilihan judulnyah…

    Nice sekali @Kang.

    • hehehehehehe..

      apa kabar mas haniffa ku???

      ah.. cuma ngerasa aja kadang bosen dengan jalan-jalan didunia ini
      hihihihihi

      pinginnya ngerayap kaya spiderman hahahahaha

      makasih mas haniffa atas kunjungannya..
      salam buat keluraga di bandung.. jadi pingin kebandung lagi tahun ini.. nanti kalau saya ke bandung tak sempetin mampir ya kang…

      jangan lupa suguhannya ya..

      • @Mas Batjoe
        Mau jalan-jalan ke Bandung ?!
        Insya Allah, kalau sayahnya sedang ada di Bandung…😉

  7. Singkat, padat , jelas dan menyindir yang kehilangan rasa.🙂 ..Keren Keren..Sip Markusip

    • kalau nyindiri ndak lha mas LOP, wong yang sering masuk dalam gubuk ini adalah orang-orang yang memiliki “rasa” yang sangat luar biasa..

      termasuk mas LOP hihihihihihihihi
      salam dari balikpapan buat kota semarang….

  8. VIVAnews – Tiga gereja di Malaysia dilempar bom oleh massa yang marah terkait izin penggunaan kata ‘Allah’ oleh non-Muslim. Penyerang melemparkan bom molotov ke sebuah gereja di Kuala Lumpur dan berusaha membakar dua gereja lainnya di Petaling Jaya pada Jumat, 8 Januari 2010, dini hari.

    Itu aneh!
    Bagai mana mereka dapat berdakwah berbiak-biak,
    Bagai mana aku bisa mengutip ayat yg baik-baik,
    Jika mahluk lai tak boleh “mengadopsi” hal Islami?

    Ah!
    Apa memang Allah itu mereka anggap properti,
    Yang harus digenggam hingga mati?
    Ahh! Semoga kita tak begitu, Joe!

    Noerdin top telah tiada,
    Noerdin lol mule mengada?
    Aya-aya wae.

    Jan-jan cia di belakang sana,
    Agar kita tetap reseh mikirin kuasa,
    Agar mereka tetep pengendali masa.

    Salam Damai!

    • (Penyerang melemparkan bom molotov ke sebuah gereja di Kuala Lumpur dan berusaha membakar dua gereja lainnya!!!!)

      ehm…. apakah itu adab yang disebut manusia sempurna? atau kita kembali ke jaman dinosurus? entahlah… mudah-mudahan bukan!!!

      segala bentuk dan cara untuk memecah itu sangatlah mudah, tinggal bagaimana kita memeberikan keluasan hati agar bisa melihatnya dengan “mata” dan “telinga” kita yang lebih jernih…

      akupun tak setuju dengan “rasa” pengerusakan seperti itu sebagai sesama akidahnya…
      dan aku cuma bisa bilang pada mereka yang suka umbar kekuatan karena dan atas nama juga kepetingan agama :

      GO TO HELL

      maaf bang kadang hati juga kudu dimaki-maki ya hehehehehehe

      salam paling damai buat abangku…. GBU

  9. Met pagi mas Batjoe.
    Pa kabar?
    Lagi jalan-jalan pagi nih..

    • hallo…. mas lambang…
      wah pagi ini seger banget mas kelihatannya..
      semalem tidur cukup dan “rasa” juga cukup..

      mau ngajakan bocah-bocah berenang udah janji!!!!

      semoga ndak ujan aja…

      Jakarta ujan dan mati lampu ya mas … cari solusi dong Jakarta supaya lampu mati tak sering terjadi…

      salam kangen mas

  10. Apa kabar?

    • hey… fitri…
      baik aja kabarku …
      dirimu bagaimana fit?

  11. Hi Brat!
    Kemarin mau nanya, lupa.
    Di sini aja lah, ya!

    212′ itu “rasa” apaan, ya!
    Metamorposa mu unik keknya.
    Fahrenheit? Frankenstein? Lalu!

    Salam Damai!

    • ada kok mas penjelasannya kalau tidak salah di blognya mas lambang atau di blog ini ya. saya lupa tapi intinya “air mendidih” hihihihihih

      kabur sembunyi dibelakang sang butho heheheh

    • Hai Brat MK!
      Ada penjelasannya di [sini].

      Mas Batjoe bener itu, air mendidih… dan berubah menjadi uap…🙂

    • Wah, salah identitas.
      Beginilah repotnya kalau punya dua anak asuh dengan “rasa” berbeda-beda.
      Satu rasa beras kencur dan satu lagi rasa jahe cendol.
      *taste-nya beda… hehe….*

      Brat MK, ada penjelasannya di [sini].

  12. mau komen sama fotonya neh…garis horisonnya miring banget tuh…kalo lurus pasti bagus..hheheheh.
    lam kenal yaa

    • segaja mba .. dibuat miring garis fotonya…
      biar ada “rasa” juga, ndak mesti lurus terus mba
      nah kalau bisa dibuat terbalik mba hehehehe

      salam kenal dan hangat selalu buat kawanku…..
      ntar tak mampir dirumah nya mba..

    • Kasihan si mbake dipanggil mas.
      Lempar kembang sepatu mbak…
      Mas Batjoe sih ngga pakai “rasa”.:mrgreen:

      *kabur dulu ah, mau merasakan bagaimana rasanya rasa dengan penuh perasaan yang dirasa-rasa kadang ngga terasa sama sekali*

      • *mau merasakan bagaimana rasanya rasa dengan penuh perasaan yang dirasa-rasa kadang ngga terasa sama sekali*

        udah tak baikin kok hihihihihihihi

        ya… siapa juga yang ngajarin berasa-rasa ayo???

        salam kangen dengan rasa walaupun juh tetap aja berasa.
        (berasa dilempar sepatu hihihihihihi)

  13. Bahasanya lugas banget.

    Memang iya banget, pekerjaan yang tergesa-gesa sering berakibat fatal. Kenapa? Karena syetan berperan besar mendorong-dorong setiap nafsu kita.

    Salam kenal.

    • kadang setanya muncul dari belakang tanpa diduga

  14. Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

  15. Selamat Tahun Baru
    Semangat Baru
    Menemukan Diri Sebenar Diri
    Meraih Kehidupan Sejati..
    😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    • salam sayang juga kang

  16. Selamat tengah malem mas Batjoe.
    Lagi ronda mampir ke sini dulu.

    • lama juga aku ndak main di IA ya mas…

      tapi udah kurondain smealem semoga berkesan dech…

  17. baru tahu isitilah giblog. kalo mablog? maniak ngebog ya? hehehe

  18. Whuaahh…terlambat aku, nyesel…
    Padahal…rASa nya rAMe : ASAM – ASIN – MANIS – PEDAS…

  19. Salam hangat untuk para sahabat
    Semoga kita selalu bersemangat
    Merangkai kata menyusun kalimat
    Persaudaraan bloger indonesia semakin kuat

    sedj

  20. Hai mas Batjoe… pa kabar…
    Kunjungan rutin ke dokter Batjoe…🙂

    • saya suah yakin dari awal blog “IMAJI” nya pasti bakalan banyak yang suka…
      makanya saya saran lebih baik yang blog “IA” di biarin dulu atau buatkan monumen di blog imajinya…

      salut kau mas.. rasanya emang beda

      salam rasa salutku

  21. rasa melon? stroberi apa coklat? stroberi aja ya, mas

    met malam juga.

  22. Nice posting. Salam

  23. Lama ga kesini ternyata postingan2nya barunya sgt mearik.
    … salut buat anda Mas batjoe….
    SUkses!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: