Posted by: batjoe | 23 December 2009

ERROR…

Anak adalah Anugerah yang diberikan kepada setiap orang dan tidak akan bisa digantikan oleh apapun baik itu dengan harta sekalipun. Dan tidak ada istilah “mantan anak” yang ada adalah “mantan istri atau selingkuhan”

Begitupun rasanya pegel-pegel, rasa bosen, kelelahan dalam bekerja setelah bertemu anak-anak rasanya semuanya yang saya sebutkan diatas akan ilang tanpa bekas. Dan mumpung mereka masih kecil, masih imut, masih lucu-lucunya lebih baik aku habiskan semua kesenanganku pada mereka, soalnya terkadang bila anak sudah mulai tumbuh lebih dewasa dan mempunyai banyak kawan maka perubahan sifat juga akan mengikutinya dan hal ini sudah saya baca sejak anak saya yang bungsu (kelas dua SD) saat kemarin lusa menjemputnya.

Sebenarnya salah siapa ya? Atau istilah “buah tidak akan pernah jatuh jauh dari pohonnya” terbukti benar? Terus terang saya emang usilan dan jahiliah  dan tidak bisa saya pungkiran dimanapun saya berada tapi kenapa hal ini bisa nurun pada anak saya yang masih belia?

Saat itu mendung sang bungsu saya jemput disekolahnya yang cukup jauh dari kerjaan saya, setelah dijemput maka sayapun berdua harus segera menjemput sang sulung kesekolahnya yang juga jauh jadi didalam perjalanan kami berdua ngobrol ngarul –ngidul.

Bungsu : “ Pah tadi Inda disekolah nyanyi Garuda Pancasila”

Saya : “Inda Bisa?”

Bungsu : Bisa tapi Inda tambahin diakhir lagunya dengan lagunya band Netral “Garuda Didadaku”

Saya : “ melonggo…. Sambil senyum-senyum, terus berucap” lho kok gitu apa gurunya ndak marah?”

Bungsu : “ndak, malah bilang “bagus”

Saya dan bungsu : hihihihihihihihihihi……

Syairnya jadi seperti ini :

GARUDA PANCASILA, GARUDA KEBANGGANKU, KUYAKIN HARI INI PASTI MENANG!!!!

Setelah sampai disekolahnya sang sulung  kita berdua sempet makan sate sekolahan cukup murah dan menyehatkan apalagi sibungsu pasti kecapaian dan lelah wong nyanyinya lagu ROCK.. Yeachh.. salam tiga jari dan bener sepuluh tusuk sate berisi empat potongan ludes dibabat  tuntas sampai-sampai penjual satenya bilang “ndak dimakan sekaliankah tusuk satenya hihihihihihihihi” untung saja sibungsu tidak ngamuk, kalau ngamuk bisa ditusuk sama tusuk sate paklenya sendiri….

Setelah puas ngebabat sate dan perang urat saraf dengan sang penjualnya si bungsu langsung menuju ke kelasnya sang sulung dan duduk2 santai disebuah taman dan saya mandampingi disampingnya.

Lama diem tahu-tahu didepan kami lewat anak SD lebih besar, tinggi dan item. Setelah lewat saya lihat sibungsu cengar -cengir aja.

Saya : napa ade cengar-cengir?”

Bungsu : Malah cengar-cengir ndak karuan…

Saya : Makin maksa nanya “Napa sih de?”

Dan sibungsu tanpa perasaan berdosa Cuma bilang begini : “Pah yang lewat tadi tuh kingkong kah?”

Saya : whakakakakakakakaka, dalam hati saya Cuma bilang “sableng

Terus tanpa terduga ada seorang guru, laki-laki, tua , pakai kacamata tersandung saat berjalan dikoridor. Dan tanpa saya duga juga sibungsu nyeletuk agak sedikit nyaring tanpa ada titik komanya lagi :

“ kok sudah tua, kacamataan masih juga kesandung begitu dan jadi guru lagi !!!!”

sayapun langsung mengelandangnya menjahui pelototan guru yang terjatuh tadi sambil ketawa-ketiwi bersama sibungsu..hiihihiiihihi

Ah… inilah salah satu hari teraneh dan menyenangkan bagi saya dan sibungsu.  Sama-sama eroor… wah gawat!!!!

Posted by: batjoe | 20 December 2009

Cacat!

Brrrrr…… Dingin sekali terasa hawa di seluruh tubuh ini yang over size udah gitu ndak ada temen tidur lagi yang ada cuma bantal dan guling yang juga ndak bisa ngasih keturun buat saya…

Kota Minyak (Balikpapan) tiada hari tanpa hujan, hampir dalam hitungan jam air dari langit menguyur membasahi bumi yang belum juga sempet kering…

Disebuah kamar yang walaupun kecil tapi masih bisa untuk loncat-loncat, terbang-terbang dan ngerayap-ngerayap, saya usahin ngelonin lagi blog ini yang emang dah lama ndak dikelonin katanya siblog sih kangen sama pelukannya gerombolan butho, bocor aluz dan patriotik agamais…  silahkan di  simak ya….

Saya memiliki seorang kakak yang paling tua yang sedari kecil sudah mengalami cacat yaitu BISU dan TULI yang katanya ortu kejadiannya pada saat dulu (Jadul) kakak mengalami sakit panas yang tinggi dan pengobatan waktu itu hanya mengharapkan semburan seorang dukun.. ya iyalah disembur!!! wong pada saat itu masih hutan melulu dan dokter juga belum mau dibayar pakai daun dan batu krikil!!! Dokter pada saat itu sombong-sombong ndak mau dibayar pakai uang recean (koin) maunya dibayar pakai tanah satu hektar, wanita cantik dan montok juga rumah mewah lengkap dengan fasilitas kolam renang dan pembatu segala dan bila tidak ada uang muka atau istilahnya uang jaminan jangan harap didahulukan diperiksanya walaupun udah mau KOIT….. sehingga ortu ya pakai jasa dukun dan   dari penyakit panas tinggi itulah INDRA dari kakak hilang hingga saat ini.

Setelah semakin dewasa dan ganteng seperti sekarang ini, saya makin menyadarin bahwa kekurangan dari kakak itu banyak sekali hikmah yang dapat dipetik. mungkin contohnya akan saya kulitin sedikit-sedikti agar para pembaca dan sidang blogger yang terhormat bisa metik-metik dari seorang  cacat BISU dan TULI :

Orang yang Bisu dan Tuli Otaknya Encer seperti Habibie, sejak kecil dikarenakan kakak tidak sekolah maka Bapak mengajarin kakak untuk bisa mendiri dan Bapak yang jago nukang mengajarin kakak nukang dan hingga saat ini kakak selalu dipakai orang untuk mengerjakan rumahnya baik dari pemasangan pertama kali (pondasi)  hingga bener-bener menjadi sebuah rumah yang indah dan salah satunya adalah rumah saya yang bentuknya jenis Western (koboi githu…). Saya aja sebenarnya juga binggung wong ndak sekolah arsitek dan bangunan, bisu-tuli lagi,  kok jago ya dan bila saya memeberikan gambar arsitek justru dia ndak mau katanya dalam bahasa kebisuannya “semua rencana dalam gambar arsitek itu sudah ada dalam kepalanya” nah lho melongo sambil ngiler-ngiler dech… dan hasilnya luar biasa! dan itu bukan saya saja yang bilang karena kalau tidak bagus pekerjaannya hingga sekarang mungkin kakak jadi pengangguran dirumah justru setiap hari, jam setengan enam pagi dia sudah tidak ada dirumah karena sedang ngerjain rumah yang satu ke rumah satu.

Orang Bisu dan Tuli Suka Dibohongin tapi tetap aja Lebih Pinter, Selain pinter nukang kakak juga jago main catur tapi anehnya setiap lawannya yang katanya “WARAS” kok ya masih tega-teganya main dengan cara nipu ya? Sebenarnya dalam kamar saya pingin komplaint tapi saya biarin aja dulu. Kemungkinan karena kakak itu bisu dan tuli mereka seenaknya diskusi untuk bisa ngalahin kakak main catur. Sudah main kroyokan pakai acara PKI lagi (musuh dalam selimut) tapi diujung permainan kakak juga yang WINNER!!!! hihihihihihi… dalam hati saya cuma bisa bilang “mampus lu…makanya jangan suka ngibulin orang yang cacat entar kamu bisa cacat juga lho…!!!”

Orang Bisu dan Tuli itu lebih sabar, Keadilan Sang Pencipta kepada Umatnya sangat luar biasa coba ya kita lihat dari dua contoh diatas kalau kakak itu tidak Bisu dan Tuli pasti EMOSInya meledak-ledak. Dia harus ngikutin gambar arsitek kita yang njelimet pasti kerjaan buat rumahnya ndak selesai-selesai malah banyak tengkarnya sama yang punya rumah dan pasti dia diterikain terus-terusan karena merasa disalahin melulu dan yang lebih parah  pada kejadian kedua mungkin malah bisa-bisa pakai acara tampar-tamparan, bunuh-bunuhan terus dimasukan kesebuah sumur tua, lantas cuci tangan dan ninggalan fitnah yang ndak selesai-selesai hingga ajal menjemput. Gawat!!!

Nah cukupkan…??? ambilah sedikit hikmah dari cerita diatas yang emang bener-bener nyata dari kakak saya yang BISU dan TULI tersebut bahwa hidup ini masih begitu banyak harapan, jangan putus asa dengan kekuranagn dan jangan juga sombong. Karena dalam Kebisuan dan Ketuliannya dan Buta Tulis dan Huruf  kakak tidak diharuskan dan diwajibkan memberikan kalimat dan kata-kata nasehat yang panjang dan  pakai ayat-ayatan segala, cukup kita melihat tingkah lakunya dan perbuatan nyatanya dan  Siapa yang tahu kalau seorang BISU TULI itu malah lebih dulu kenal yang namanya SURGA ketimbang kita-kita yang WARAS!!!

Salam banyak-banyaklah menjadi orang bisu dan tuli agar hati kita bisa lebih cerah melihat segala perbedaan dan persoalan…

Posted by: batjoe | 12 December 2009

NGADEM

Seharian bekerja dan tetap aja ada sesuatu kegagalan dan kesempurnaan didalamnya baik itu yang sudah direncanakan maupaun tidak. Bagi kita manusia sebenarnya enaknya dibuat lebih santai saja kali ya….? yang baik hasilnya dibuat lebih baik lagi, yang belum sempurna ya dibaikin lagi…..

Tapikan kadang-kadang bos marah-marah juga? ya iyalah serasa dia bos walaupun bos dibayar juga hehehehe… tapi tetap aja kita  menaruh rasa hormat dan respect pada bos yang baik lho! Nah bagi bos yang cuma OMDO, SOKTAH, dan SOJAG … ya diem-diem sama temen-temen susun rencana, jegat disimpang jalan, tutupin pakai karung, terus gebukin rame-rame huahahahahaha… ndak kok cuma khayalan saya doang!!! JANGAN DITIRU TIDAK BAIK BUAT KESEHATAN, MERUSAK JANIN dan KANDUNGAN dan JUGA MEROBEK ISI KANTONG ????

Ya kalau bosnya begitu omdo, soktah dan sokjag, kita pakai sistem Grendelnya (Cattenacio) Intaliano aja, jangan pakai sistem Total Football nya Belanda, walaupun kita sakit hati, dongkol, kecewa dan rasa makian lainnya ya dibiarin ajalah, nah kalau tidak tahan juga  berhenti kerja!!! cari kerjaan lain… selesai !!!

Oh.. Jadi ingat pesannya Ir. Soekarno, yang berkata seperti ini : “Capailah langit meskipun ia tak dapat dicapai”? Manusia wajib berihtiar, biarkan Allah yang Menindaklanjuti”.

Ehm..  merenung lagi dech sama yang ngasih saya Otak yang OON dan hati yang masih menslah-mensleh begini

” Ya Allah… aku memohon ampunanMu dari kemarahanMu, dari suka yang Engkau benci, dari dosa yang tak termaafkan, ah……Ya Allah, aku malu jadinya, aku memohon ampun dan memaki-maki  saja masih memakai hidayahMu….. jadi aku harusnya hanya ikhlas saja deh dengan segala kehendakMu terhadapku,….Amin”

(ngadem sebentar sore-sore selepas dari lelah bekerja, di tepi Pantai Pelabuhan / Melawai Balikpapan)

Posted by: batjoe | 10 December 2009

DEMIT…

Tendang sana, tendang sini, apa yang terlihat dihadapanya sepertinya itu adalah musuhnya entah batu, kaleng, ranting kalau perlu bila ada setan atau yang lagi baca tulisan ini mungkin ditendangnya juga, terus digamparin lalu dimasukin ke parit belum cukup ditambahin juga pakai diinjek-injek, modar……

bagi dirinya yang berjalan itu bukan hanya dirinya sendiri, bayangan  dirinya terbawa dalam kekacauan juga bahkan hingga tertawa terpingkal-pingkal. Dua makluk halus yang bernama Setan dan Malaikat saling berebut mempengaruhi hatinya yang sedang gundah gulana tentang prilaku atasannya ditempatnya bekerja. Dasar Setan ya… pasti menangan mulu kalau untuk uruan beginian…. kalau  saja bisa terlihat mungkin Setannya udah gulang-guling ngetawaiin, terpingkal-pingkal sambil jingkrak-jingkrak ngancungkan “Jari Tengahnya” sambil berucap FACK U untuk  Malaikat yang cemberut karena telah kalah dalam pergumulan memperebutkan hati manusia itu… Malaikat kok kalahan sih atau ini cuma seperti Film India, kalah dulu baru menang kemudian walaupun udah berdarah-darah ….cuhh… sambil buang ludah mikirnya….

Berawal dari sebuah proyek kerja yang diterimanya, atasannya menghendaki adanya dua penawaran yang bisa diterimanya agar terlihat lebih profisional, sebagai bawahan ya mau ndak mau harus mengikutin itu dengan patuhnya, dua penawaran satu kepetingan yang mana sudah diatur agar penawaran si Bajingan bisa menang tender… Why??? ternyata ada iming-iming segepok rupiah (ee.. kita masih pakai rupiah ya??? kiraan udah ganti menyan kekekekekek…) untuk dirinya dan atasannya…

bukanya muna atau sok jujur atau sok jaim atau.. halla kok banyak pakai “atau” sih kenapa ndak seperti ini aja “(maaf) boleh mengamankan yang pertama ya dan seterusnya…..sampai 10 kali kalau perlu sampai 100 juga boleh biar dapet award gitu” lho kok nyamber kemana-mana sih….??? yang lagi buat artikel ndak pernah dapet award kali???? atau ndak pernah ngoment begitu kali??? Woiii sadar…. kembalikan otaknya ke artikel??? o iya…ya…  Ya bukanya sok suci gitu berhubung dirinya sedang dalam proses mencari “makanan hati” yang selama ini dia cari, sekarang dibenturkan hatinya dalam pilihan yang bagi kita ndak sulit tapi bagi dirinya dilema banget.. wong perutnya aja udah gendut pasti isinya cacing MARK UP melulu makanya dia berusaha untuk menolak iming-iming itu agar perutnya bisa seperti Ade Rai (??? apa hubunganya…) tapi dirinya sendiri ngak berani untuk ngomong “Jangan Pak!” Ndak Boleh Pak!” “Haram Pak!” dengan atasannya itu, akhirnya diambil juga penawaran si Bajingan yang udah di atur sebelumnya dan emang udah getol “Berani Tampil Beda” dari penawaran lawan tandingnya yang nyengir kuda karena terdepak telak dengan mulusnya kelantai dasar kehinaan….

Coba bayangkan sendiri dalam hal ini dirinya harus selalu berbohong pada dirinya sendiri terlebih kepada keluarganya. Dirinya udah berjanji sama anak dan bininya ndak mau lagi makan-makan yang berupa hal yang tidak dianggap halal. Tapi harus dipilih juga rasa Haram itu baginya… pilihan yang sarat dengan ketitik nodaan. Pernah curhat sama temen-temenya katanya biasalah jaman sekarang ini hal yang begituan wong bapak-bapak kita yang diatas aja suka markup lebih gede malah sambil ngelinting ganja lagi, ayo apa ndak enak? Enak tho? Mantep tho?Asyik tho i love u full………

Bahkan temen-temennya malah lebih setan dari setan sebenarnya, mempengaruhinya, katanya “bisa untuk beli rumah, beli mobil, beli istri baru, beli orang kecil, dan bisa naik haji… hebatkan??? horee… hebat…. naik haji pakai uang haram… ya saya bilang hebat walaupun pakai uang haram niat naik hajinya itu lho afdol!!! urusan mabrur atau tidak “biarkan aja Anjing kencingnya berdiri (ahhhh…)”   lha yang pakai uang halal saja belum tentu mabrur kok…. jadi peduli setan…

Uh… Dirinya tambah nelongso, prihatin, menderita sampai-sampai terkencing-kencing dicelana segala sangking tidak tahannya menahan “kemaluannya” yang udah kedinginan karena banyak teman-temanya yang bicara seperti DEMIT!!! bicaranya aja bau begitu apalagi yang keluar dari …… ya lebih bau lagi kali ya hehehehehehe ( s e n s or ). kebanyakan makan jengkol busuk….

Patah arang, semangatnya yang mengebu demi menjaga segala janjinya pada diri dan keluarga tercinta, dihempaskan oleh teman-teman seperjuangannya yang dulu begitu alimnya… ndak menyangka temen-temenya yang dulu mengajarkannya mengaji dan  sholat ternyata sudah sangat berubah sekali! kemaruk, serakah, liar, brengsek!!! apakah ini pilihan hidup atau kebutuhan hidup? entahlah hanya mereka saja yang tahu semuanya itu..

Nah kalau bagi saya sendiri dalam tugas sekarang ini punya prinsip 3 (Tiga) H : HARAM, HALAL , HANTAM SEMUANYA…  ayo kalau para pembaca bagaimana prinsipnya?

eeee.. lupa, saya kasih bingkisan buat temen-temenya yang DEMIT itu ya,  ini dilihat dan dengarkan dengan seksama :

Posted by: batjoe | 9 December 2009

Lagi Konak…

Alkisah disebuah negeri khayalan yang katanya kaya raya dengan hasil buminya sampai-sampai banyak negeri khayalan lainnya pada iri sehingga membuka usaha emas, tembaga, batu bara, kayu yang katanya akan bagi hasil gitu, nyatanya banyak ningalin lubang-lubang galian yang sangat besar, juga hutan menjadi hancur lebur (gundul dimana-mana) karena banyak yang di potong-potong lalu dijualin ke negera tetangga, sementara untuk rakyat cuma dikasih janji melulu…
Rakyat itu seharusnya diberi makan, dikasih kerjaan  dan dipinterin terus didorong untuk semangat agar pola pikirnya selalu positif  tapi ini malah rakyat dibuat jadi mainan sawah-sawahan  doang, tarik sana tarik sini… nyungsep… mati….

Tadi pagi dinegeri khayalan disebuah warung kopi diriku  melihat berita di Gelas-Gelas Kaca (emang Lagu….) sebuah wajah yang tidak asing lagi, seorang Raja negeri khyalan dari benua antah barantah  yaitu INDO-KAYA yang ditemanin oleh para juragan-juragan yang cuma mangut-mangut aja hihihihihihihi (kaya wayang golexxxxx tapi elekkkk..). Bicaranya tenang dan lemah lembut penuh wibawa. Sang Raja dengan polosnya mengatakan negeri khayalannya ini sudah dia buat lebih baik dari pemerintahannya yang terdahulu, KORUPSI SUDAH DIBRANTAS, RAKYAT SUDAH MAKMUR, 9 Bahan Pokok Terkendali, pokoknya yang baik- baik semua dech yang disebutkan. Lha emang yang nonton di rumah cuma bayi yang bisa diayun dengan angin surga..??? piye tho Ja (singkatan Raja)..

Terus apa raja udah lihat kasus mbak JUMINTEN yang malah disuruh nganti duit untuk kekalahannya di “Omah Timbangan” hingga  204 Juta!!!!!! wow… duit dari mana tho buat mbayar dan apakah harus pakai duit melulu….  bisa ndak  diganti kentut?  piye? iso ora Ja????  masalahnya  cuma sepele “sekalimat curhat di Dunia Maya atas kekecewaan nya tentang perlakukan dan perawatan dari sebuah “Omah Kera Putih” yang tidak bisa dia terima… lha mbak JUMINTEN  juga sih ngomplainnya sama kera-kera ya dijawab cuma uh..uh..uh aja dan bisanya cuma main cakar-cakaran doang…” terlebih lagi temen-temen keranya kan banyak sampai ke “Omah Timbangan” yang bukan main guede-guede keranya wong mangannya aja DOLLAR!!!!!!  FUCK OFF…..

Lanjutkan……. lanjutkan…….Ya saya lanjutkan Ja….

ini juga Si Udin dan Si Urip masih saja diubeg-ubeg sampai ndak bisa bernafas hanya gara-gara seorang “monyet geblek” yang cuap-cuap ndak karuan lha masalahnya makin meruncing hingga kasuk-kusuk sang Raja terlibat juga. Oh. gitu ya??? di sebuah Gudang Brangkas dimana isi Brangkasnya telah habis dibagi-bagi rata sama sekelompok bendera-bendera yang bergambar Permen rasa nano-nano (soalnya benderahnya warna-warni sih… kalau putih semuanya nanti dikira kain kafan lagi hehehehehehe)   yang konon disitu ada benderanya sang Raja yang bercokol sekarang… halllah kok jlimet tho jadinya.

Apa raja ndak kasian sama si Udin dan Si Urip yang cuma “Kelompok Pemacing Kecil” yang punya keluarga  juga sangat resah menunggu mereka keluar dari kemelut yang berkepanjangan, janjinya si Raja sih “tuntaskan sampai tuntas…tas..tas..tas…….”

Lanjut lagi ya Ja….???

Males…. nanti kalau di teror dan di senggol dikit langsung nangis, CURSED (CURhat SEDih)  di mana-mana bahwa dirinya akan di gulingkan dari kursinya, katanya ada oknum kurcaci yang mau dia turun dari tahtanya sekarang, terus ngumpul-ngumpul dikit di ujung gang atau diwarung kopi katanya mau nyerang dia (raja),  aduh Ja…. jangan Lebay dong… wong belum tahu bagimana kejadiannya udah curhat-curhatan segala!!! walah kalau yang beginian  emang top deh sang Raja……. wong rajanya cakep, guanteng dan juga berwibawah…. ya iyalah mana ada raja elek hehehehehe

Kok sedih dibawa-bawa ke rakyat sih…! Ja, rakyat udah mau mampus tuh dan jangan dijadikan mental tempe lagi dong…. harusnya Raja itu seperti Mahapatih Gajah Mada biar pahit tapi tetap semangat ingin menyatukan bangsa ini hingga tuntas, punya mental kasar dan bringas pada orang-orang “GO to HELL” yang bisanya cuma nyangkulin ladang orang, ngerampas, malak, ngambil istri orang, buat film porno sama anak-anak SMA  terus sebar di ponsel yang super canggih.. wuih serasa hidup tidak ada matinya….

Udah ah….. saya ndak mau lanjut lagi entar kena denda sama guru tapi sebelum ditutup dagelan ini saya kasih lagu deh buat kalian semuanya yang masih suka nilep, bolos kerja, ngorup walau sedikit-sedikit, suka  kencing sembarangan, suka ngintip, suka buka REDTUBE (lho kok tahu sich…???), suka buang ludah sembarangan, suka adu domba dan buat saya sendiri yang sukanya OMDO hihihihihihihi… peace aja dech…

(bila ada kesamaan nama, tempat dan kejadian mohon maaf ini cuma candaan doang… sekali lagi maafkan diriku ya…. )

Posted by: batjoe | 4 December 2009

HUJAN KERINDUAN

Sekedar ingin berbagi kepada kawan-kawan  bahwa masih banyak cinta yang bertebaran yang bisa dibawa pulang untuk anak-istri, keluarga, saudara, teman, kekasih dan juga Sang Pencipta salah satu dibawah ini adalah puisi yang saya buat untuk kalian yang sedang kasmaran, (biar “awet muda”  hahahahahaha………)

apa yang bisa aku lakukan disaat hujan datang

pada saat ku ingin bertemu denganmu

pada saat  kerinduan ini membuncah anganku

tetap saja hujan ini tak juga mendukung

menunggu reda berharap cerah

menunggu rindu berharap gelisah

menunggu waktu berharap celah

ehm…. aku resah

hembusan angin tak begitu kencangnya

tapi menusuk pori-pori kulitku, dinginnya

tertunduk lesu dalam gelombang heningnya

yang tak pernah padam dalam kebiruannya

khayalku terbang tinggi entah kemana

membentuk satu partikel tentang dirimu

yang selalu berkata “dalem mas” saat kupanggil dirimu de’

dan itu  membuatku seperti hidup di suasana yang beda

yang tidak pernah aku rasakan dan aku tahu

kaget tersentak dalam lamunananku!!!!!

kotak kecil bernama HP berdering sentak

tertulis sebuah kalimat pendek untukku darimu

dan semakin membuatku tak berdaya dalam kotak-kotak

kerinduan, angan, pengharapan dan juga mimpiku

mas masih hujan

Note : *dalem* artinya *apa* dalam bahasa jawa halus


Posted by: batjoe | 3 December 2009

Bertanya – Belajar – Bertanya

Beberapa hari ini kondisi si komputer lagi ngadat dan speddy juga bermasalah dan ditambahin juga dengan pekerjaan yang semakin padat saja kerena semakin kedepan tahunnya maka semakin banyak juga tantangan dalam setiap segi aturan dan target dan Alhamdullilah sejak dua bulan lalu hal ini bisa diprediksi sehingga segala  kesibukan bisa sejalan seiring dengan pencarianku..

Buat seseorang  (mas …..)  yang selalu menemaniku dalam kebandelanku bertanya dan selalu bertanya tapi selalu dijawab dengan sangat luar biasa dan sabarnya, tiada yang bisa aku berikan  kecualin ucapan rasa terima kasih yang terdalam dalam jiwaku, bahwa yang mas katakan sangat luar biasa bisa merubah arah hidupku… makasih mas….

Buat brother Mas Bambang S dan adikku tercinta Didi H terima kasih terus menjaga ku dalam menemukan warna-warna yang kusuka sehingga yang berwujud zahir bisa menjadi bathin, yang kemarin sempet miring tak sejajar bisa kembali ke dalam bentuk yang sebenarnya… kalian memberikan saya begitu banyak petuah, nasehat dan saya percaya dengan kalian berdua sebagai bagian dari keluargaku aku yakin bisa mencapai hal yang kalian inginkan.. semua yang aku takutkan bisa aku lepas selepas lepasnya…… indah banget ya dunia ini….

Aku tidak menyangka dan tidak menyadarin bahwa dalam semua jalan menuju kebaikan hati ternyata orang yang aku butuhkan adalah kalian yang dulu selalu aku jauhin dikarenakan aku terlalu terlena dengan duniawi ini dan beruntungnya aku dengan kondisi ketidakstabilan jiwaku kemarin kalian selalu memberikan bantuan “rasa” yang begitu luasnya bahkan bisa dikatakan dapat membetuk aku menjadi orang yang lebih dari sekedar seonggok daging dan darah, sehinggaku menerima apa adanya semua yang terjadi karena semuanya itu adalah mutlak karena sifat dari diriku sendiri

Buat orang-orang yang aku sayang dan yang pernah aku kecewakan aku berharap banyak bisa menjadi saudara, teman dan sahabat bagi kalian dan biarkanlah aku berjalan dalam kesakitan yang terbentuk ini agar hatiku merasakan kebaikan itu juga bahkan senikmat seteguk air putih yang aku minum didalam kehausan yang tak tertahankan….

Mungkin masih banyak yang harus aku cari tapi seperti kata masku dan  brotherku perlu tahapan dan waktu dan mereka menyakiniku pasti waktu akan sampai juga walaupun lambat dan mereka berjanji akan membantuku dalam setiap pertanyaanku yang menggantung…..

Terima kasih mas dan Brother……..

Terima kasih juga buat teman-teman yang sudah sering mampir dan memberikan nasehat di blog ini dan memberiku informasi agar  bertamu  dan membaca di blog kalian… dan aku cuma bisa berkata LUAR BIASA….

Posted by: batjoe | 27 November 2009

Daging Makan Daging

Selamat Hari Raya Idul Adha…

Setelah seharian bekerja dan lagi-lagi kondisi libur yang sangat panjang ini outlet yang saya tempati sangatlah padat pengunjung sehingga pekerjaan rutin kantor jadi sedikit terhambat karena saya harus membatu karyawan di segala section ibarat pemain bola saya tidak lagi sebagai manager tapi sebagai gelandang serba bisa, harus bisa bertahan maupun meyerang intinya aliran bola itu larinya harus kesaya dulu baru dioper kesana kemari… (ini ngomong apa sih ??? kerja kok disama-samain dengan main bola hahahahahahahaha)

Waktu dalam bekerja dengan kesibukan yang begitu padatnya membuat waktu itu bergulir dengan cepatnya sehingga tidak terasa waktu sudah menunjukan jan setengah lima berarti saya harus sudahin dulu pekerjaan saya yang diganti dengan shieft malem. Istirahat sebentar dalam mushola kantor pada saat sholat Azhar membuat beban pikiran terlepas semuanya, helaan nafas yang sedikit memburu perlahan mulai nampak teratur dan mengikuti irama hati yang semakin lama semakin dalam dan lingakaran kesibukan berganti dengan lingkaran kedamaian. Sambil berdiam diri merenung in apa-apa saja yang sudah saya lakukan hari ini dan saya perhatikan kepada karyawan (sahabat kerja)  saya hari ini biarlah semuanya menjadi kebaikan bagi Allah semata.

Selepas Sholat Azhar sayapun pulang, sesampainya dirumah langsung bergerak kearah pembaringan sambil tidak lupa menghidupkan televisi dan apa yang saya lihat hari ini sungguhlah sangat memprihatinkan sekali….

Bangsa yang kaya raya, bangsa yang sangat indah dan bangsa yang sangat besar sekali ternyata mengkoordinir manusia untuk mendapatkan sekilo daging korban harus menggorbankan manusia-manusia, anak kecil dan ibu-ibu terinjak-injak, yang kuat semakin beringas dan yang lemah terlindas habis, berebutan hanya untuk sekilo daging, sepertinya  bangsa ini miskin sekali (apakah bangsa ini emang miskin ya?????). Kejadian seperti ini kok terulang-terulang kembali baik pada  hari Raya Idul Fitri maupun Hari Raya Idul Adha, apakah panitia kurban yang salah atau memang sang penerima kurban yang kalap (kelaparan) sehingga jelas-jelas akan kebagian daging kurban (denger-denger sih ada juga kupon pemmbagian yang diperjual belikan) masih juga dorong-dorongan sampai-sampai aparat kuwalahan dan ada juga aparat yang main tangan segala. Masya Allah beginikah bangsaku?? bangsa yang katanya kaya, besar dan kuat hanya karena daging korban sampai makan daging manusia dan sesamanya…

Satu lagi pelajaran bagi diriku sendiri ternyata memang nikmat bila kita bisa membagikan kebahagian kita tanpa mengingat hari apa ini dan itu. Bila mampu  dan punya lakukanlah sekarang  jangan tunggu-tunggu besok lusa atau nanti atau menunggu hari besar karena membahagikan orang lain itu sangat membahagikan diri kita sendiri dan  wajib dilandasi oleh keihklsan dan semata-mata karena Allah SWT.

Sekali lagi saya mengucapkan Minal Aizin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, semoga bangsa ini semakin pintar!!!!

Posted by: batjoe | 19 November 2009

Cinta Yang Tulus

tempa hidupku dalam sebuah cerita

dikala sang perkasa tidak lagi bersama diusia dini

membuatku menjadi orang-orang yang keras dalam hidup

tanpa rasa dan kasih sayang yang sempurna

hidup terus berjalan

dan sekarang aku merasakan tiada yang lebih baik lagi

akan keperkasaaNya dalam menempaku hidup

barhasil apa tidaknya diriku mengenalMu

tergantung pada diriku sendiri

bukan guru atau mursyid yang pernah aku kenal

mereka cuma pembimbing dan sahabat tapi

yang menenetukan kita kenal adalah diri kita sendiri

cinta dan peradaban dunia akan musnah sesuai dengan janjiNya

dan kita adalah tanda tanya besar dalam kehidupan setelahnya…

Posted by: batjoe | 19 November 2009

Jendela

sudah hampir dua bulan ini kehidupanku dihabiskan dari kamar kekamar serta kesibukan kerja yang tidak putus-putusnya tapi semakin hari juga semakin menampakan sebuah ketenangan jiwa (bathin) yang selama ini aku rindukan dan tidak terasa butiran air mata terkadang menetes dalam gelombang hati yang sangat merindukan sebuah hakikinya kehidupan yang selama ini juga aku abai-abaikan…

kamar yang dulu aku penuhi dengan segala bentuk intimidasi, kekerasan juga kepuasan semata kini berbentuk menjadi tempat aku mendiamkan diri, merenung dan mengatur nafas ini menjadi satu raga dengan jiwa yang sangat kosong sekosong-kosongnya…

melihat kembali ke masa lalu memang tidak akan pernah ada habisnya akan keterpurukan sifat juga tingkah laku terlebih seorang diri ini menyusurin gemerlapnya kehidupan tanpa ada pengawas dan pembendung yang pasti dan dari pelukan kepelukan serta buaian ke buaian yang hanya terselip ditelinga tanpa bisa menyentuh hati bahkan sesekali dipecundangin dari belakangpun pernah dirasakan tapi itulah masa (waktu) yang harus aku jalani dan diterima sebagai manusia yang berjalan di muka bumi sebagai kalifah dan bukankah sejak dari Nabi Adam dan Siti Hawa sudah terjadi “dosa” hingga diturunkanlah mereka berdua di bumi ini dan semakin banyak saja kejadian yang baik dan buruk terus terjadi hingga kita menyadarin bahwa cuma ada dua pilihan dalam hidup ini yaitu baik dan buruk dan dua pilihan lainnya juga

ah… siang ini tidak terasa semakin tinggi tapi cahaya serta hawanya sangat sejuk yang masuk dari kisi-kisi jendela kamarku…

aku sendirian berjalan menyusurin jalan raya  yang padat di kota Balikpapan ini dan aku percaya bahwa aku melihat kebaikan ini karenaMu Ya … Allah dan kesempurnaaan diriku ini sebagai manusia adalah karena karuniaMU juga…

Balikpapan, 19 Nop 2009

« Newer Posts - Older Posts »

Categories